Sukses


Doa Nuzulul Qur'an dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Malam Nuzulul Qur'an menandai saat-saat awal turunnya Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad saw. Peristiwa Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan.

Di dalamnya terdapat keberkahan yang melimpah serta peluang untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. melalui doa dan ibadah yang khusyuk.

Malam Nuzulul Qur'an memberikan kesempatan berharga bagi umat Islam untuk merenungkan turunnya Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap kitab suci Al-Qur'an, doa menjadi sarana utama yang digunakan oleh umat Islam untuk menyampaikan harapan, permohonan, dan rasa syukur kepada Allah Swt.

Pada malam yang penuh berkah ini, umat muslim diajak untuk berdoa dengan penuh kekhusyukan, melepaskan segala keraguan dan bergantung sepenuhnya kepada Allah Swt.

Berikut bacaan doa Nuzulul Qur'an dalam tulisan Arab dan latin, lengkap beserta artinya yang perlu diketahui umat muslim, disadur dari Liputan6, Selasa (26/3/2024).

 

2 dari 2 halaman

Doa Nuzulul Qur'an

Berikut ini bacaan doa Nuzulul Quran tersebut:

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya: “ Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Alquran , selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur'an."

 

Tata Cara Iktikaf saat Nuzulul Qur'an

Di saat malam Nuzulul Qur'an, biasanya umat Islam melakukan itikaf di masjid secara bersama-sama. Tentunya saat iktikaf di masjid tidak hanya berdiam diri saja, tetapi ada serangkaian ibadah yang dilakukan.

Berikut adalah tata cara itikaf saat Nuzulul Quran:

1. Membaca doa.

2. Membaca zikir.

3. Berselawat pada Nabi Muhammad saw.

4. Membaca Al-Quran dan hadis.

5. Dilarang untuk berkata dan berbuat hal-hal yang tidak bermanfaat selama menjalankan itikaf.

6. Mengharapkan rida dari Allah Swt. semata dan disertai dengan niat yang lurus.

7. Sedikit mengonsumsi makanan, minuman, dan tidur agar lebih khusyu menjalaninya.

8. Menjaga kebersihan dan kesucian diri, serta tempat yang dijadikan iktikaf.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Sulung Lahitani. Published: 24/4/2022).

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer