Sukses


7 Contoh Kebiasaan Buruk saat Buka Puasa yang Perlu Dihindari

Bola.com, Jakarta - Buka puasa adalah momen yang dinanti-nanti oleh umat muslim setelah seharian menahan lapar dan haus.

Sayangnya, masih banyak kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat buka puasa, dan pada akhirnya bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Dalam menjalani bulan suci Ramadan, penting bagi kita untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk saat buka puasa.

Dengan cara ini, kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan optimal dan mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Nah, agar momen buka puasamu enggak berubah menjadi masalah, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis.

Berikut tujuh contoh kebiasaan buruk saat buka puasa yang perlu dihindari, Jumat (29/3/2024).

2 dari 4 halaman

Contoh Kebiasaan Buruk saat Buka Puasa

1. Makan Terlalu Cepat

Selain berbuka, melaksanakan salat Magrib juga menjadi kewajiban yang tidak boleh kita tinggalkan.

Sayangnya, karena merasa hanya memiliki waktu yang sedikit, membuat kita makan terlalu cepat tanpa benar-benar menikmati apa yang kita makan.

Padahal makan terlalu cepat justru tidak akan membuat perut kamu jadi kenyang dengan cepat. Sebaliknya semakin cepat kamu makan, akan membuat kamu semakin lapar dan tidak berhenti mencoba semua makanan. 

Ini karena otak kita butuh waktu 15 sampai 20 menit untuk memberitahu bahwa kita sudah kenyang. Selain otak, sistem pencernaan kita juga butuh waktu untuk memproses semua makanan yang kita konsumsi.

Jadi, sebelum sistem pencernaan kamu bermasalah, akan lebih baik kalau kamu makan dengan tenang. Makanlah sedikit-sedikit dan kunyah pelan-pelan.

2. Makan Berlebihan

Karena sudah merasa lapar seharian, banyak orang yang langsung makan dalam jumlah banyak ketika berbuka.

Sebenarnya, ini adalah kebiasaan yang salah. Sebaiknya kamu makan dalam porsi seperti makan sehari-hari. Makan terlalu banyak ketika berbuka tidak dianjurkan karena bisa memicu masalah pencernaan.

Organ tubuh akan sulit melakukan metabolisme dan mencerna makanan jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak sekaligus.

Jika kamu masih lapar setelah berbuka, kamu bisa makan porsi normal dengan interval beberapa jam.

3 dari 4 halaman

Contoh Kebiasaan Buruk saat Buka Puasa

3. Langsung Makan Berat

Tidak hanya makan dalam jumlah banyak, langsung makan berat setelah masuk waktu berbuka juga tidak baik untuk kesehatan.

Ini karena perutmu telah berada dalam keadaan kosong selama lebih dari 12 jam. Kalau langsung memberikan makanan yang perlu usaha kerja untuk bisa tercerna, perutmu akan kaget dan mengalami kesulitan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu sebagai pembuka. Setelah itu, kamu bisa melakukan ibadah sebelum kemudian makan makanan berat seperti nasi.

4. Tidak Minum Air Putih

Ini juga menjadi kebiasaan buruk yang sering banget terjadi ketika buka puasa. Memang anjuran ketika berbuka adalah dengan yang manis-manis, tetapi juga jangan melupakan air putih.

Padahal, ketika puasa, kita kekurangan banyak cairan. Air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi setelah seharian tidak minum dan makan.

Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup saat berbuka puasa.

5. Mengonsumsi Kafein

Minuman berkafein seperti kopi memiliki efek stimulan yang bisa membangunkan tubuh. Walaupun dalam waktu tertentu kafein bisa baik untuk kinerja tubuh dan bisa membantumu lebih fokus, mengonsumsinya saat waktu buka puasa bisa merusak jam tidurmu sehingga kamu bisa terlewat sahur.

Kafein juga memiliki sifat diuretin, yang berarti bisa mendorong pengeluaran cairan dari tubuh sehingga kamu lebih cepat haus.

Bagi kamu yang sedang berpuasa, menjaga kebutuhan air di dalam tubuh sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya batasi atau hilangkan konsumsi kopi ketika buka puasa.

4 dari 4 halaman

Contoh Kebiasaan Buruk saat Buka Puasa

6. Kurang Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah menjadi dua makanan paling sehat di dunia, dan semua orang tahu itu. Sayangnya banyak orang tidak terlalu suka makan sayur karena rasanya yang dianggap tidak enak.

Saking tidak sukanya, mereka selalu menolak makan sayur dan buah termasuk saat buka puasa sekalipun.

Kalau kamu satu di antara orang yang antimakan sayur dan buah, seharus mengetahui bahwa kedua makanan ini sangat penting bagi tubuh terutama ketika berpuasa.

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.

7. Tidur setelah Buka Puasa

Menyantap hidangan buka puasa terlalu banyak bisa membuat kita jadi cepat mengantuk. Tidur dalam keadaan perut yang penuh tentu tidak baik untuk kesehatan.

Ketika tidur dalam keadaan kenyang, tekanan di dalam lambung akan meningkat, cairan lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Kalau sudah keseringan seperti ini bisa memicu GERD.

Sebaiknya, beri jeda waktu minimal 2-3 jam setelah buka puasa sebelum tidur.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer