Sukses


7 Macam Keistimewaan Malam Lailatulqadar yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Malam Lailatulqadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat muslim. Lailatulqaar dipercaya sebagai malam turunnya Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad saw.

Beberapa hadis menyebutkan bahwa malam Lailatulqadar terjadi pada satu di antara dari 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Tanggal pasti kapan malam tersebut tidak dijelaskan secara spesifik. Hal ini bertujuan agar umat muslim bisa beribadah dengan sungguh-sungguh sepanjang bulan Ramadan.

Itulah mengapa, tidak sedikit umat muslim memperbanyak salat malam, membaca Al-Qur'an, zikir, berdoa, membaca selawat, tasbih, istigfar, iktikaf, dan lainnya.

Nah, dengan bersungguh-sungguh dalam beribadah, siapa pun bisa meraih keutamaan malam lailatulqadar, kapan pun itu terjadi.

Lantas, apa saja keistimewaan malam lailatulqadar yang bisa diperoleh umat muslim?

Berikut tujuh macam keistimewaan malam lailatulqadar yang perlu diketahui umat muslim, Kamis (28/3/2024).

2 dari 4 halaman

Macam Keistimewaan Malam Lailatulqadar

1. Keistimewaan malam Lailatulqadar yang pertama adalah malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an. Sesuai dengan firman Allah Swt. di surah Al Baqarah dan Al Qadr:

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an…” (QS. Al Baqarah: 185)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan.”(QS. Al Qadr: 1)

2. Keistimewaan malam Lailatulqadar yang kedua adalah malam tersebut lebih baik dari pada 1000 bulan. Allah Swt. berfirman,

“Tahukah kamu apa itu Lailatulqadar? Lailatulqadar lebih baik daripada 1000 bulan.” (QS. Al Qadr: 2–3)

Banyak ulama berpendapat bahwa ibadah dan amalan baik yang dilakukan di malam Lailatulqadar akan dibalas dengan pahala yang sangat besar.

3 dari 4 halaman

Macam Keistimewaan Malam Lailatulqadar

3. Keistimewaan malam Lailatulqadar yang ketiga yaitu malam tersebut dipenuhi dengan berkah-Nya. Allah Swt. berfirman:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Al Dukhan: 3-5)

4. Keistimewaan malam Lailatulqadar yang keempat yaitu malam yang penuh kesejahteraan. Selain penuh dengan keberkahan, malam Lailatulqadar juga dipenuhi dengan kesejahteraan dan kedamaian.

Allah Swt. telah berfirman dalam surah Al Qadr ayat 5:

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

5. Keistimewaan malam Lailatulqadar yang kelima adalah pada malam tersebut, para malaikat akan berbondong-bondong turun ke bumi.

Maka pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak berdoa. Allah Swt. berfirman:

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (QS. Al Qadr: 4)

4 dari 4 halaman

Macam Keistimewaan Malam Lailatulqadar

6. Keistimewaan malam Lailatulqadar yang keenam yaitu pada malam itu dosa umat muslim akan diampuni. Pada malam Lailatulqadar, Allah Swt. membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda:

“Barang siapa menegakkan salat pada malam Lailatulqadar atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, Ahmad)

7. Keistimewaan malam Lailatulqadar yang ketujuh adalah malam yang penuh kebaikan. Pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim mengerjakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

Namun, bagi mereka yang mengabaikan malam tersebut maka akan menjadi orang-orang yang merugi, karena mereka melewatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak pahala dan keutamaan, yang bahkan setara dengan 1000 bulan.

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya bulan Ramadan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.” (HR. Ibnu Majah)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer