Sukses


Kumpulan Hadis Seputar Sedekah yang Penuh Makna

Bola.com, Jakarta - Sedekah merupakan satu di antara ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Melalui sedekah, kita dapat memperoleh berbagai kebaikan.

Tidak selalu harus berbentuk harta atau materi saja. Bahkan, memberikan senyuman kepada orang lain juga termasuk hal sederhana yang bisa jadi sedekah.

Hadis-hadis seputar sedekah menjadi panduan utama bagi umat muslim untuk mengetahui tata cara dan hikmah di balik ibadah ini.

Selain itu, hadis tentang sedekah mengajarkan kita untuk memberikan bantuan kepada sesama dengan ikhlas.

Dengan memahami dan menerapkan hadis-hadis seputar sedekah ini, kita sebagai umat muslim dapat meneladani akhlak mulia Rasulullah saw. dalam beramal saleh.

Berikut kumpulan hadis seputar sedekah yang penuh makan, Minggu (31/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Hadis Seputar Sedekah yang Penuh Makna

Hadis tentang Sedekah 1

"Barang siapa yang menginfakan kelebihan hartanya di jalan Allah Swt. maka Allah akan melipatgandakannya dengan tujuh ratus (kali lipat). Dan barang siapa yang berinfak untuk dirinya dan keluarganya, atau menjenguk orang sakit, atau menyingkirkan duri maka mendapatkan kebaikan dan kebaikan dengan 10 kali lipatnya. Puasa itu tameng selama ia tidak merusaknya. Dan barang siapa yang Allah uji dengan satu ujian pada fisiknya maka itu akan menjadi penggugur (dosa-dosanya)." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Sedekah 2

ما مِن يَومٍ يُصْبِحُ العِبادُ فِيهِ، إلَّا مَلَكانِ يَنْزِلانِ، فيَقولُ أحَدُهُما: اللَّهُمَّ أعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، ويقولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa;

"Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya. Sedangkan yang satunya lagi berdoa; Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Sedekah 3

"Sesungguhnya sedekah seseorang Islam itu memanjangkan umur dan mencegah daripada mati dalam keadaan konyol dan Allah Swt. pula menghapuskan dengan sedekah itu sikap sombong, takabur, dan membanggakan diri (dari pemberiannya)." (HR. Bukhari)

3 dari 3 halaman

Hadis Seputar Sedekah yang Penuh Makna

Hadis tentang Sedekah 4

الصدقة تسُدُّ سبعين بابا من السوء

"Sedekah menutup 70 pintu keburukan." (HR. Thabrani)

Hadis tentang Sedekah 5

"Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana." (HR. Ath-Thabrani)

Hadis tentang Sedekah 6

يا عائِشةَ اسْتَتِرِي من النَّارِ و لو بِشِقِّ تمرَةٍ ، فإنها تَسُدُّ من الجائِعِ مَسَدَّها من الشبعانِ

"Wahai Aisyah, halangilah dirimu dari neraka, meskipun dengan sebiji kurma karena hal itu bisa menutupi orang lapar dari kelaparan.” (HR. Thabrani)

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer