Sukses


Macam-Macam Amalan pada 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang dianggap istimewa bagi umat muslim seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Setiap tahun, umat muslim menjalankan ibadah puasa sepanjang bulan ini sebagai bagian dari rukun Islam yang kelima. Namun, banyak orang yang mungkin belum sepenuhnya menyadari pentingnya minggu terakhir bulan Ramadan.

Pada minggu tersebut merupakan kesempatan terakhir untuk mengevaluasi diri dan meningkatkan ibadah sebelum bulan Ramadan berakhir.

Minggu terakhir bulan Ramadan juga merupakan waktu yang sangat penting dalam menjalankan amalan ibadah.

Banyak umat muslim memanfaatkannya untuk melaksanakan ibadah-ibadah sunah seperti itikaf di masjid, membaca Al-Qur'an, dan berdoa lebih banyak.

Beribadah dengan lebih intens pada minggu terakhir ini dapat membawa pahala yang lebih besar. Minggu terakhir bulan Ramadan juga dianggap sebagai waktu yang penuh berkah.

Banyak hadis yang menyatakan bahwa malam-malam terakhir bulan Ramadan, yang dikenal sebagai malam Lailatulqadar, merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Maka itu, banyak umat muslim yang menghabiskan waktu-waktu terakhir bulan Ramadan dengan ibadah dan berdoa agar mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah Swt.

Ada banyak amalan yang bisa diamalkan umat muslim di malam-malam terakhir bulan Ramadan. Penting bagi umat muslim mengetahui dan mengamalkan amalan-amalan tersebut.

Berikut penjelasan macam-macam amalam di minggu terakhir Ramadan yang bisa dikerjakan, Selasa (2/4/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Amalan pada 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

1. Membaca Al-Qur'an

Pada 10 malam terakhir bulan Ramadan, sangat dianjurkan untuk meningkatkan pembacaan Al-Qur'an. Waktu terakhir ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kegiatan ibadah sehingga disarankan untuk membaca setidaknya satu juz Al-Quran setiap hari.

2. Meningkatkan Salat Sunah

Selain salat wajib, menjalankan salat sunah juga sangat dianjurkan di minggu terakhir Ramadan. Dalam satu hari, Rasulullah saw. mengerjakan banyak salat sunah, seperti salat Tahajud, salat Duha, dan salat Witir.

3. Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah kewajiban yang harus dibayar oleh setiap muslim menjelang Idulfitri. Disarankan untuk segera membayar zakat fitrah agar dapat membersihkan harta yang halal dan menyucikan jiwa.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Amalan pada 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

4. Berinfak dan Bersedekah

Minggu terakhir Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berinfak dan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan.

Sebaiknya meningkatkan kegiatan sosial dengan memberikan sumbangan kepada yatim piatu, fakir miskin, atau lembaga yang berkecukupan.

5. Istigfar dan Doa

Pada 10 malam terakhir Ramadan, umat muslim diharapkan untuk lebih banyak beristigfar dan berdoa. Mengakui dosa-dosa yang telah dilakukan dan berdoa memohon ampunan kepada Allah Swt.

6. Mengerjakan Amalan Saleh

Mengerjakan amalan saleh seperti membaca tasbih, tahmid, dan takbir, serta mengucapkan kalimat-kalimat zikir adalah amalan yang sangat dianjurkan di 10 malam terakhir Ramadan.

 7. Iktikaf

Iktikaf merupakan kegiatan berdiam diri di masjid dengan tujuan beribadah yang disertai dengan niat. Iktikaf dianjurkan setiap waktu, tetapi lebih ditekankan memasuki sepuluh malam terakhir Ramadan sebagaimana penuturan Abdullah bin Umar r.a.:

"Rasulullah saw. beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan." (HR. Muttafaq ‘alaih)

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer