Sukses


Bacaan Doa Idul Fitri beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Idul Fitri merupakan momen yang penuh makna bagi umat Islam karena telah menyelesaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Di hari yang berbahagia ini, umat muslim bersukacita dalam menyambut kemenangan usai menjalani serangkaian ibadah dan pengorbanan.

Doa Idul Fitri menjadi satu di antara doa yang biasa dibaca saat hari kemenangan tiba. Doa Idul Fitri ini dipanjatkan untuk mengharapkan kasih sayang Allah.

Doa ini mampu menggambarkan rasa syukur dan harapan kita kepada Allah Swt. Dalam doa ini, umat Islam mohon ampunan serta permohonan untuk diberi kekuatan menjaga ketakwaan dan melanjutkan amal ibadah setelah berakhirnya bulan Ramadan.

Nah, bagi Anda yang belum terlalu mengetahui lafalnya, bisa melihat dan mempelajarinya melalui artikel ini.

Berikut bacaan doa Idul Fitri beserta artinya yang bisa diamalkan umat muslim, Selasa (9/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Idul Fitri beserta Artinya

Doa Malam Idul Fitri

Berikut bacaan doa malam Idul Fitri yang dapat dipanjatkan:

اللهم صَلِّ عَلَي مُحَمَّدٍ وَآلِهِ مَصَابِيْحِ اْلحِكْمَةِ وَمَوَالِي النِّعْمَةِ ومَعَادِنِ اْلعِصْمَةِ وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ وَلَاتَأْخُذْنِيْ عَلَي غِرَّةٍ وَلَا عَلَي غَفْلَةٍ وَلَا تَجْعَلْ عَوَاِقبَ اَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً وَارْضَ عَنِّيْ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ وَاَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ وَاعْطِنِيْ مَالَايَنْفَعُكَ فَإِنَّكَ اْلوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ اْلبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ فَاعْطِنِيْ السَّعَةَ وَالدَّعَةَ وَاْلاَمْنَ وَالصِّحَّةَ وَالشُّكْرَ وَاْلمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَي وَافْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَي اَوْلِيَائِيْ فِيْكَ وَاعْطِنِيْ اْليُسْرَ وَلَاتَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ وَاَعِمَّ بِذَلِكَ اَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَاِخْوَانِيْ فِيْكَ وَمَنْ وَلَدَنِيْ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ وَاْلمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, lampu-lampu hikmah, nikmat, sumber-sumber penjagaan. Jagalah aku dari segala keburukan, janganlah engkau hukum aku atas kelengahan dan kelalaian. Janganlah engkau jadikan urusanku suatu kerugian dan penyesalan. Ridailah aku. Sesungguhnya ampunan-Mu untuk orang-orang zalim dan aku termasuk dari mereka. 

Ya Tuhanku, ampunilah aku, dosa yang tidak merugikan-Mu, berilah aku anugerah yang tidak memberi manfaat kepada-Mu. Sesungguhnya rahmat-Mu teramat luas, hikmah-Mu indah. Berilah aku kelapangan, ketenangan, keamanan, kesehatan, syukur, perlindungan (dari segala penyakit) dan ketakwaan."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Idul Fitri beserta Artinya

Doa Hari Raya Idul Fitri

Doa Idul Fitri biasanya diucapkan sebagai takbir yang berkumandang dari berbagai penjuru di malam hari raya. Tak hanya malam hari raya, takbir ini biasanya juga masih sering diputar hingga hari-hari setelahnya.

Sementara umat Islam bersukacita menyambut hari raya, satu di antaranya dengan mengucapkan doa hari raya Idul Fitri berikut ini:

Allāhu akbar kabīrā, walhamdu lillāhi katsīrā, wa subhānallāhi bukratan wa ashīlā, lā ilāha illallāhu wa lā na‘budu illā iyyāhu mukhlishīna lahud dīna wa law karihal kāfirūn, lā ilāha illallāhu wahdah, shadaqa wa‘dah, wa nashara ‘abdah, wa hazamal ahzāba wahdah, lā ilāha illallāhu wallāhu akbar

Artinya: "Allah Mahabesar. Segala puji yang banyak bagi Allah. Mahasuci Allah pagi dan sore. Tiada tuhan selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, memurnikan bagi-Nya sebuah agama, meski orang kafir tidak menyukainya. Tiada tuhan selain Allah yang Esa, yang menepati janji-Nya, membela hamba-Nya, dan sendiri memorak-porandakan pasukan musuh. Tiada tuhan selain Allah. Allah Mahabesar."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Idul Fitri beserta Artinya

Doa Idul Fitri Lainnya

Selain bacaan takbir di atas, masih ada doa Idul Fitri lainnya yang terdiri dari beberapa versi. Berikut penjelasannya:

Terkait dengan doa Idul Fitri, Nabi Muhammad saw. sudah mencontohkannya. Dijelaskan oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani sebagai berikut:

"Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: 'Jika para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya taqabbalallahu minnaa wa minka'."

Selain mengucapkan kalimat tersebut, ada juga yang mengucapkan seperti ini jika bertemu dengan orang banyak:

Taqobalallahu minna wa minkum.

Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian."

Selanjutnya, doa Idul Fitri juga dilengkapi dengan kalimat sebagai berikut:

Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.

Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia."

Kemudian terdapat doa Idul Fitri yang terdiri dari doa sebelumnya lalu ditambah kalimat doa sebagaimana berikut:

Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah!"

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer