Sukses


Manfaat Minum Teh Tawar Setiap Hari

Bola.com, Jakarta - Teh tawar adalah minuman diolah tanpa penambahan gula atau pemanis lainnya. Teh tawar memiliki rasa yang lebih segar serta efek stimulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh yang mengandung gula.

Di Indonesia, teh tawar sering disajikan dalam bentuk panas dengan daun yang masih utuh atau dalam kemasan saset teh celup maupun sediaan teh dalam kemasan botol.

Teh tawar memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Teh ini mengandung antioksidan, flavonoid, dan polifenol yang dapat membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, teh tawar mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan energi dan fokus.

Meski teh tawar diketahui memiliki beberapa manfaat, konsumsinya harus tetap dikontrol dan tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut manfaat minum teh tawar setiap hari yang perlu diketahui, Rabu (3/4/2024).

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Teh Tawar Setiap Hari

Kaya akan Antioksidan

Teh tawar mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan katekin, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko kerusakan sel.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh tawar secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Katekin dalam teh tawar diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Meningkatkan Fungsi Otak

Teh tawar mengandung kafein dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan kopi, tetapi tetap dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan kinerja kognitif secara umum.

Selain itu, kandungan L-theanine dalam teh tawar dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati.

Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Minum teh tawar secara teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Katekin dalam teh tawar dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Teh Tawar Setiap Hari

Mendukung Penurunan Berat Badan

Kendati bukan solusi langsung untuk menurunkan berat badan, minum teh tawar dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Kandungan kafein dan polifenol dalam teh tawar dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu dalam pembakaran lemak.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Teh tawar mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, seperti polifenol dan tanin.

Ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya peradangan dan melindungi saluran pencernaan dari infeksi.

Mengandung Sedikit Kalori

Teh tawar hampir tidak mengandung kalori sehingga dapat menjadi minuman yang baik untuk dikonsumsi dalam program diet rendah kalori.

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer