Sukses


7 Cara Menghemat Baterai HP Selama Mudik Lebaran

Bola.com, Jakarta - Saat mudik Lebaran, penggunaan smartphone atau HP kerap menjadi hal yang kian tidak terhindarkan.

Melalui smartphone, seseorang dapat menjaga komunikasi dengan keluarga, memperoleh informasi terkini mengenai jalur mudik, hingga mengabadikan momen-momen spesial selama perjalanan.

Namun, penggunaan HP secara berlebihan dapat menguras daya baterai sehingga menjadi suatu permasalahan bagi banyak orang.

Ada beberapa cara untuk menghemat baterai HP selama mudik Lebaran yang bisa diterapkan. Satu di antara cara yang bisa dilakukan ialah dengan mematikan atau meminimalkan penggunaan fitur-fitur yang tidak terlalu diperlukan.

Selain itu, aplikasi dan notifikasi perlu diperhatikan agar baterai tidak terkuras dengan cepat. Matikan notifikasi yang tidak penting, terutama notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan.

Masih ada beberapa cara lainnya yang bisa dipraktikkan agar baterai HP tetap awet. Bagaimana caranya?

Berikut cara menghemat baterai HP selama mudik Lebaran, Rabu (10/4/2024).

2 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai HP Selama Mudik Lebaran

1. Mengurangi kecerahan layar

Satu di antara cara paling efektif untuk menghemat baterai HP saat mudik Lebaran adalah dengan mengurangi kecerahan layar.

Layar yang terlalu terang akan menguras daya baterai dengan cepat. Coba atur kecerahan layar pada tingkat yang cukup untuk melihat dengan jelas, tetapi tidak terlalu terang.

2. Mematikan notifikasi aplikasi yang tidak penting

Notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan akan memakan baterai HP secara signifikan. Matikan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang tidak penting atau gunakan fitur 'Do Not Disturb' saat sedang bepergian untuk mengurangi penggunaan baterai yang tidak perlu.

3. Mematikan fitur Bluetooth dan GPS

Fitur Bluetooth dan GPS pada HP merupakan satu di antara sumber daya yang paling boros. Ketika tidak digunakan, sebaiknya matikan kedua fitur ini untuk menghemat baterai HP selama perjalanan mudik Lebaran.

3 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai HP Selama Mudik Lebaran

4. Mematikan fitur background refresh

Banyak aplikasi yang secara otomatis melakukan pembaruan (refresh) di latar belakang. Hal ini dapat mempercepat penggunaan baterai. Matikan fitur background refresh secara selektif untuk menghemat daya baterai HP.

5. Menggunakan mode hemat daya

Banyak HP memiliki mode hemat daya yang dapat diaktifkan saat baterai HP sedang menipis. Saat mudik Lebaran, aktifkan mode hemat daya untuk memperpanjang masa pakai baterai.

4 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai HP Selama Mudik Lebaran

6. Menggunakan koneksi Wi-Fi

Saat mudik Lebaran, cobalah untuk tetap terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang stabil dan aman untuk mengurangi penggunaan data seluler dan menghemat daya baterai.

7. Mematikan fitur sinkronisasi otomatis

Sinkronisasi otomatis dengan akun email, media sosial, dan aplikasi lainnya dapat memakan daya baterai yang signifikan.

Matikan fitur sinkronisasi otomatis dan lakukan sinkronisasi secara manual saat diperlukan untuk menghemat baterai HP selama perjalanan mudik.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer