Sukses


Macam-Macam Tradisi Unik Menyambut Lebaran

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan satu di antara negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Oleh karena itu, perayaan Hari Raya Idulfitri atau lebih dikenal dengan sebutan Lebaran, meriah dan penuh tradisi unik.

Berbagai tradisi ini menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia dan menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di Tanah Air.

Satu di antara tradisi unik menyambut Lebaran di Indonesia adalah tradisi "mudik".

Mudik mengacu pada kegiatan pulang kampung yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menemui keluarga dan kerabat, terutama oleh mereka yang sehari-hari tinggal di kota besar (merantau).

Mudik ini diikuti oleh jutaan orang setiap tahunnya dan jalanan menjadi padat sesak oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Selain mudik, ada juga tradisi lain yang dilakukan dan terus dilestarikan turun-temurun. Apa saja?

Berikut macam-macam tradisi menyambut Lebaran, yang menarik diketahui, Rabu (3/4/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Tradisi Unik Menyambut Lebaran

Berkunjung ke Makam

Di beberapa daerah, tradisi ini dilakukan sehari sebelum atau pada hari Lebaran, di mana orang-orang mengunjungi makam anggota keluarga yang telah meninggal untuk berdoa dan membersihkan makam.

Takbir Keliling

Pada malam takbiran, kelompok masyarakat biasanya berkumpul dan melakukan takbir keliling di sekitar lingkungan mereka. Mereka berjalan-jalan sambil mengumandangkan takbir dan doa.

Makanan Khas Lebaran

Ada banyak jenis makanan khas Lebaran yang disiapkan sebagai hidangan khusus untuk merayakan Idulfitri, seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue-kue kering tradisional.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Tradisi Unik Menyambut Lebaran

 

Ucapan Selamat Idulfitri

Ucapan selamat Idulfitri disampaikan dengan saling berkunjung antara keluarga, tetangga, dan teman. Masyarakat juga sering menggunakan media sosial untuk menyampaikan ucapan selamat kepada orang-orang yang mereka cintai.

Upacara Adat

Di beberapa daerah, terdapat upacara adat khusus yang dilakukan dalam menyambut Lebaran, yang biasanya melibatkan acara kesenian tradisional, tarian, dan musik.

Memberikan Amplop

Tradisi memberikan amplop berisi uang sebagai bentuk hadiah kepada anak-anak atau keluarga yang lebih muda juga sering dilakukan pada hari Lebaran.

 

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer