Sukses


Cedera Kaki Kiri, Eko Yuli Irawan Butuh Recovery untuk Raih Medali di Olimpiade 2024 Paris

Bola.com, Jakarta - Lifter angkat besi senior Eko Yuli Irawan jadi atlet terbaru Indonesia yang memastikan tiket ke Olimpiade 2024 Tokyo. 

Eko Yuli Irawan memastikan tiket ke Olimpiade 2024 Paris dengan meraih perak untuk angkatan Snatch 133kg pada Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand, Selasa (02/04/2024).

Namun keprihatinan muncul karena atlet berusia 34 tahun itu tampil di Piala Dunia Angkat Besi dalam kondisi cedera. 

"Saya sengaja hanya melakukan angkatan pertama Snatch 133kg dan tidak melanjutkannya untuk angkatan kedua dan ketiga. Begitu juga saat gagal melakukan angkatan pertama 166kg untuk angkatan Clean and Jerk. Apalagi, saya sudah memastikan tiket kelas 61kg di Olimpiade 2024 Paris,” kata Eko Yuli.

"Saya merasakan angkatan kurang sempurna akibat pengaruh cedera kaki kiri yang belum pulih benar. Dan, terlalu berisiko bagi saya untuk memberikan penampilan terbaik,” tambahnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Butuh Recovery demi Olimpiade 2024

Menurut Eko Yuli Irawan, cedera kaki kirinya yang terjadi pada saat tampil di SEA Games 2023 Kamboja itu sudah ditangani.

Namun, padatnya event untuk meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris membuat cederanya tersebut lambat pulih.

"Cedera kaki kiri memang sudah ditangani tetapi karena padatnya event membuatnya masih terasa. Makanya, saya butuh recovery setelah habis tampil di Piala Dunia Angkat Besi 2024 sehingga bisa menyumbangkan medali bagi Kontingen Indonesia saat tampil di Paris nanti,” tegasnya.

3 dari 3 halaman

Sejarah Eko Yuli Irawan

Dengan hasil ini, Eko Yuli mencetak sejarah sebagai satu-satunya lifter Indonesia yang tampil di lima Olimpiade. Setiap kali tampil, Eko selalu membawa pulang medali ke Tanah Air.

Pada penampilan perdana di Olimpiade 2008 Beijing, Eko merebut medali perunggu. Lalu, di Olimpiade 2012 London Kembali meraih perunggu.

Kemudian, di Olimpiade 2016 Rio de Jenairo meraih perak dan di Olimpiade 2020 Tokyo juga meraih perak. Di Olimpiade 2024 Paris, Eko tercatat menjadi atlet Indonesia yang kedelapan yang memperkuat Kontingen Indonesia.

Sebelumnya, Arif Dwi Pangestu (panahan), Desak Made Rita Kusuma Dewi (Sport Climbing), Rifda Irfanaluthfi (Artistic Gymnastics), Diananda Choriunisa (Panahan), Rahmad Adi Mulyono (Sport Climbing), dan Fathur Gustafian (Menembak), dan Rio Waida (Surfing).

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. Ini merupakan edisi ke-33 dari pesta olahraga paling bergengsi di dunia. 

Video Populer

Foto Populer