Sukses


Macam-Macam Makanan Sehat untuk Jamuan Hari Lebaran

Bola.com, Jakarta - Sebagai tuan rumah yang peduli dengan kesehatan keluarga dan tamu yang datang, kita bisa menyajikan berbagai hidangan lezat yang tetap sehat saat hari Lebaran tiba.

Misalnya, hidangan berbasis sayuran seperti tumis buncis dengan jamur, buah segar, atau masakan rendang dengan bahan utama tahu.

Agar hidangan makin sehat dan bergizi, kita dapat membatasi penggunaan garam, gula, dan minyak. Menggantinya dengan bumbu-bumbu alami seperti jahe, kunyit, atau serai, akan memberikan cita rasa yang lezat tanpa mengorbankan kesehatan.

Dengan menyiapkan macam-macam makanan sehat seperti ini, kita bisa menikmati jamuan Lebaran tanpa merasa bersalah karena mengonsumsi makanan tidak sehat.

Melihat orang-orang tersenyum dan menikmati hidangan yang sehat, tentu akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kita sebagai tuan rumah.

Berikut macam-macam makanan sehat untuk jamuan hari Lebaran, Kamis (4/4/2024).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Makanan Sehat untuk Jamuan Hari Lebaran

1. Rendang Tahu

Rendang adalah hidangan tradisional yang umumnya terbuat dari daging. Namun, untuk kreasi makanan yang lebih sehat, Anda bisa mencoba membuat rendang dengan menggunakan tahu sebagai pengganti daging.

Tahu kaya akan protein nabati, rendah lemak, dan memiliki banyak serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Opor Ayam Dada

Opor ayam adalah satu di antara hidangan yang tidak bisa dilewatkan pada Hari Lebaran. Namun, gunakanlah ayam dada sebagai alternatif daging yang lebih sehat untuk hidangan ini.

Ayam dada rendah lemak dan kaya akan protein, yang penting untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Selain itu, Anda bisa menggantikan santan dengan santan kelapa rendah lemak untuk mengurangi jumlah lemak dalam hidangan.

3. Sayur Lodeh

Sayur lodeh adalah hidangan sayuran yang lezat dan sehat untuk jamuan Hari Lebaran. Hidangan ini mengandung berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, wortel, daun salam, dan tahu.

Sayur lodeh kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Makanan Sehat untuk Jamuan Hari Lebaran

4. Sate Sayuran

Jika Anda ingin menghidangkan sate pada jamuan Hari Lebaran, Anda bisa mencoba membuat sate sayuran.

Potong potongan sayuran seperti paprika, jagung manis, tomat ceri, atau jamur, dan tusukkan pada tusuk sate. Panggang atau sangrai sate sayuran ini hingga matang dan sajikan dengan saus kacang rendah gula.

Sate sayuran ini rendah lemak, kaya serat, dan mengandung banyak vitamin dan mineral.

5. Salad

Salad adalah hidangan sehat yang kaya akan serat dan berbagai vitamin. Memasukkan salad dalam jamuan Hari Raya Lebaran akan memberikan variasi warna dan tekstur yang menarik pada meja makan.

Gunakan campuran sayuran berdaun hijau dengan sayuran berwarna-warni, tambahkan potongan buah-buahan, kacang-kacangan, dan dressing rendah lemak untuk hidangan yang segar dan menyehatkan.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Makanan Sehat untuk Jamuan Hari Lebaran

6. Buah Segar

Tidak ada yang lebih sehat dan menyegarkan daripada hidangan berupa buah segar. Sediakan berbagai macam buah seperti semangka, melon, anggur, mangga, dan jeruk untuk membuat hidangan penutup yang menyehatkan serta memberikan variasi rasa untuk tamu-tamu Anda.

7. Olahan daging tanpa lemak

Dalam jamuan Hari Raya Lebaran, olahan daging menjadi hidangan yang tak bisa dilewatkan. Namun, gunakanlah daging tanpa lemak seperti dada ayam atau daging sapi tanpa lemak untuk menghindari terlalu banyak asupan lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Olahan daging tanpa lemak seperti sate ayam atau rendang daging sapi dapat menjadi pilihan yang sehat dan lezat.

 

Yuk, baca artikel mcam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer