Sukses


Macam-Macam Penyakit yang Sering Muncul saat Lebaran

Bola.com, Jakarta - Saat Lebaran, banyak orang merayakan dengan bergembira bersama keluarga dan teman-teman. Namun, tidak jarang pula yang sakit setelah Lebaran.

Ada beberapa kondisi kesehatan umum terjadi selama momen Lebaran. Satu di antara penyakit yang sering terjadi saat Lebaran adalah penyakit pencernaan.

Banyaknya makanan lezat yang disajikan dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau perut kembung.

Mengonsumsi makanan yang tidak higienis juga dapat memicu masalah pencernaan ini. Selain itu, penyakit pernapasan menjadi masalah umum saat Lebaran.

Suasana perayaan yang meriah dan adanya kebiasaan saling berjabatan tangan, saling bersalaman, dan berbicara dalam jarak yang dekat dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit.

Terutama jika kita berinteraksi dengan banyak orang yang mungkin memiliki kondisi kesehatan yang lemah atau sedang sakit.

Selama Lebaran, banyak makanan yang mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi, seperti kue-kue manis dan nasi ketupat, yang dapat memperburuk kondisi penderita diabetes.

Maka itu, secara khusus, penting bagi penderita diabetes untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan tidak sembarangan mengonsumsi makanan Lebaran.

Berikut macam-macam penyakit yang muncul saat lebaran tiba yang perlu diwaspadai, Jumat (5/4/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyakit yang Muncul saat Lebaran

Sakit Maag

Akibat pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang berlebihan saat Lebaran, seseorang rentan mengalami kambuhnya sakit mag.

Diare

Konsumsi makanan berlemak tinggi dan kurangnya kebersihan pada saat penyajian makanan di beberapa tempat bisa menyebabkan diare.

Sakit Kepala

Perubahan pola tidur dan konsumsi makanan yang tinggi gula dapat menjadi pemicu sakit kepala.

Dehidrasi

Minuman beralkohol atau minuman berkafein yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi.

Kembung dan Gangguan Pencernaan

Konsumsi makanan berlemak tinggi, pedas, dan berbumbu berlebihan dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Penyakit yang Muncul saat Lebaran

Flare-up Asma

Peningkatan polusi udara akibat kembang api selama perayaan Lebaran bisa memicu flare-up pada penderita asma.

Kolesterol Tinggi

Konsumsi makanan berlemak tinggi, seperti makanan gorengan dan daging berlemak, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Hipertensi

Konsumsi makanan yang tinggi garam dan stres selama perayaan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat, terutama pada individu yang sudah memiliki riwayat hipertensi.

Penyakit Kulit

Peningkatan keringat dan kurangnya kebersihan selama perayaan bisa menyebabkan timbulnya penyakit kulit seperti ruam atau infeksi kulit.

Stres dan Kecemasan

Persiapan perayaan, pertemuan keluarga besar, dan perubahan pola tidur bisa menyebabkan stres dan kecemasan pada sebagian orang.

 

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer