Sukses


Bacaan Doa agar Diberikan Hati yang Tenang

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa berharap diberikan hati tenang merupakan sebuah doa yang dapat membantu dalam menenangkan hati di tengah-tengah kehidupan yang penuh hiruk pikuk dan tekanan.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita merasa gelisah, cemas, dan stres karena berbagai masalah kehidupan yang dihadapi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berdoa kepada Allah Swt. agar diberikan hati yang tenang.

Melalui doa ini, umat muslim mengakui bahwa hanya Allah yang dapat memberikan ketenangan sejati dalam hati.

Dalam doa ini, kita juga menyadari bahwa hanya dengan melibatkan Allah Swt. dalam setiap aspek hidup kita, kita dapat merasakan kedamaian yang sejati.

Berikut bacaan doa berharap diberikan hati yang tenang yang bisa diamalkan umat muslim, Senin (15/4/2024).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Berharap Diberikan Hati yang Tenang

Doa Penenang Hati Ketika Permasalahan Datang 1 

Kekuatan doa memang tidak diragukan lagi. Jika yakin dengan doa yang dipanjatkan maka Allah pasti akan mengabulkannya.

Allah itu bersama prasangka hamba-Nya. Maka itu, berprasangka baiklah kepada Allah, termasuk ketika sedang menghadapi suatu masalah.

Umat muslim bisa membaca doa penenang hati ketika ada masalah, satu di antaranya seperti doa berikut ini:

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatika, naashiyatii biyafika, maadlin fi hukmika, adlun fi qadlaika, as-aluka bikulli ismin huwa laka sammaita bihi nafsaka, aw anzaltahu fi kitabika, aw ‘allamtahu ahadan min khalqika, awis ta’tsarta bihi fi ‘ilmil ghaibi ‘indaka, an taj’ala qur-ana rabi’a qalbi wanuura shadri wajalaa’a huzni wa dzahaba hammi.

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku kepada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku. Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu agar engkau menjadikan Al-Qur'an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku."

Doa Penenang Hati Ketika Permasalahan Datang 2

Banyak cara untuk menenteramkan hati, satu di antaranya dengan membaca doa penenang hati ketika ada masalah.

Membaca doa bisa membantu menenangkan hati ketika sedih atau cemas. Saat tidak ada orang yang mampu menenangkan hatimu, bacalah doa-doa penenang hati. Sebab, hanya Allah Swt. yang bisa mengatasi segala persoalan hidup hamba-Nya.

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta dukacita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Berharap Diberikan Hati yang Tenang

Doa Penenang Hati Ketika Permasalahan Datang 3 

Banyak doa untuk menenangkan hati saat ada masalah. Membaca Al-Qur'an sangat dianjurkan untuk menenangkan hati yang sedang sedih ditimpa musibah.

Satu di antara doa penenang hati ketika ada masalah dikutip dari surah Al-Baqarah ayat 250. Doa penenang hati ini juga pernah diamalkan oleh tentara Talut ketika melawan tentara Jalut. Kini, ayat tersebut dijadikan doa penenang hati ketika ada masalah.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Doa Penenang Hati Ketika Permasalahan Datang 4 

Selain surah Al-Baqarah, doa penenang hati ketika ada masalah juga dikutip dari surah Taha ayat 25-28. Bahkan doa penenang hati ketika ada masalah yang satu ini pernah diamalkan oleh Nabi Musa ketika menghadapi Raja Firaun.

Berikut bacaan doa penenang hati berdasarkan surah Taha tersebut:

Rabbish-rahli sadri, wayassirli amri, wahlul 'uqdatam millisani, yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer