Sukses


Bersejarah! Shopee Cup Asean Club Championship Resmi Digelar Tahun Ini

Bola.com, Jakarta Di tengah persaingan sepak bola internasional, Asia Tenggara memasuki babak baru dengan gelaran turnamen klub resmi pertama di kawasan ini, Shopee Cup ASEAN Club Championship. Turnamen yang akan dihelat tahun ini membawa tantangan baru dan peluang emas bagi klub-klub di kawasan ASEAN untuk menunjukkan kekuatan mereka di panggung internasional.

Ya, turnamen yang merupakan hasil kerja sama AFF dengan Shopee tersebut akan mempertemukan klub-klub ternama dari Asia Tenggara, mulai dari klub sepak bola Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar. 

Chief Commercial Officer Shopee, Zhou Jun Jie mengatakan, pihaknya senang bermitra dengan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) sebagai sponsor utama Shopee Cup. Ia menyebut, turnamen ini menawarkan kesempatan bagi pihaknya terhubung dengan penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee dan di saat yang sama dapat menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna," katanya.

Senada dengan itu, Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth mengungkapkan bahwa kerja sama ini menjadi hal bersejarah dalam sepak bola ASEAN. Baginya, Shopee Cup menjadi sangat penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di kawasan.

"Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia," ungkapnya.

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan lokal ASEAN yang terkenal secara global dan mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama dan bersama-sama, kita membuat sejarah seiring membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN," jelas Khiev.

Ia juga mengatakan, AFF memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk kemitraan dengan Shopee.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dan Mitra Komersial SPORTFIVE untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan basis penggemar ASEAN ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Khiev.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Shopee Cup?

Turnamen Shopee Cup akan berjalan dalam format liga dengan babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup. Nantinya, tim yang berhasil menjadi pemenang Liga Nasional dan runner up (atau pemenang turnamen) bisa mengikuti Shopee Cup. Dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam masing-masing mengirimkan dua tim.

Sedangkan dari Filipina dan Singapura akan mengirim satu tim. Sementara itu, juara Liga Nasional dari Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar bersaing memperebutkan dua jatah di babak grup melalui babak play-off kualifikasi. 

Selanjutnya, 12 klub akan dibagi ke dalam dua grup untuk bermain dengan sistem tandang dan kandang. Dua tim teratas dari tiap grup lolos ke semifinal dan juga menggunakan sistem kandang dan tandang.

Shopee Cup akan siap bergulir pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga tanggal 21 Mei 2025.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer