Sukses


5 Bacaan Doa 10 Hari Terakhir Ramadan yang Bisa Diamalkan

Bola.com, Jakarta - Nabi Muhammad saw. menganjurkan umatnya memfokuskan diri melaksanakan ibadah sebaik mungkin di 10 hari terakhir Ramadan agar meraup banyak pahala.

Pasalnya, di 10 hari terakhir Ramadan terdapat malam Lailatulqadar, menjadi malam sangat spesial dan dikabulkannya doa-doa umat muslim yang dipanjatkan.

Untuk itu, umat muslim seharusnya bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena belum tentu tahun depan kita bisa bertemu Ramadan lagi.

Satu di antara ibadah yang bisa dikerjakan di 10 hari terakhir Ramadan menjelang Hari Raya Idulfitri yang tidak akan tertolak adalah senantiasa memanjatkan doa.

Lalu, apa saja bacaan doa 10 hari terakhir Ramadan yang bisa diamalkan umat muslim?

Berikut ini lima bacaan doa 10 hari terakhir Ramadan, Jumat (5/4/2024).

2 dari 6 halaman

Bacaan Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

"Rabbanaa, aatina fid dunyaa hasanah. Wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘azaabannaar."

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka."

3 dari 6 halaman

Bacaan Doa untuk Orang Tua

"Alluhummaghfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa Rabbayaanii shaghiraa."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta belaskasihlah kepada mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil."

4 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mohon Diterimanya Ibadah Puasa

"Allahummaj ‘al shiyaamii fiihi shiyaamas shaaimiina wa qiyaami fiihi qiyaamal qaa imiina wa nabbihnii fihii ‘an naumatil ghaafiliin. Wa hablii jurmii fihii yaa ilahal ‘aalamiina wa’fu ‘annii yaa ‘afiyaan ‘anil mujrimiin."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah puasa dan ibadahku di bulan ini seperti puasa orang-orang sejati. Bangunkanlah aku di bulan ini dari kelaparan tidur orang-orang yang lupa dan ampunilah segala kesalahanku. Wahai Tuhan semesta alam, dan ampunilah aku. Wahai pengampun orang-orang yang bersalah."

5 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mohon Ampunan

"Alluhummaj ‘alnii fiihi minal mustagfiriina waj ‘alnii fiihi min ‘ibaadikas shaalihiinal qaa nitiina waj ‘alnii fiihi min au  liyaaikal muqarrabiina bira’afatika yaa arhamar raahimiin."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini golongan orang-orang yang memohon pengampunan, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan para kekasih-Mu yang dekat dengan-Mu. Dengan kasih sayang-Mu wahai Zat Yang lebih Pengasih dari para pengasih."

6 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mohon Terhindar dari Kesalahan dan Dosa

"Allahumma a’innii fiihi ‘ala shiyaamihi wa qiyaamihi wa jannibnii fiihi min hafawaa tihi wa aa tsaa mihi war zuqnii fiihi dzikraka bidawaa mihi bitaw fiiqika haa diyal mudhilliin."

Artinya: "Ya Allah, bantulah aku di bulan ini dalam melaksanakan puasa dan ibadah, jauhkanlah aku di bulan ini dari kesalahan dan dosa-dosa (yang tidak pantas dilaksanakan) di dalamnya, dan anugerahkanlah kepadaku di bulan ini (kesempatan untuk) mengingat-Mu untuk selamanya dengan taufik-Mu, wahai penunjuk jalan orang-orang yang sesat."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer