Sukses


5 Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Berkurban yang Bisa Diteladani

Bola.com, Jakarta - Ibadah kurban merupakan satu di antara ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Perlu diketahui, ibadah kurban hukumnya sunah muakad atau tidak mengikat, tetapi sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Ibadah kurban dilakukan dengan menyembelih hewan seperti kambing, domba, atau sapi yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Ibadah kurban memiliki makna yang mendalam karena bukan hanya sekadar menyembelih hewan semata, melainkan juga mengandung nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Ibadah kurban dilaksanakan setiap tanggal 10 Zulhijah atau Hari Raya Iduladha. Allah Swt. memerintahkan umatnya untuk berkurban. Perintah tersebut tertuang dalam sejumlah ayat Al-Qur'an.

Dengan begitu, ibadah kurban tidak hanya sebagai rutinitas tahunan, tetapi juga sebagai momen bagi umat muslim untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan membuktikan cinta mereka kepada Allah Swt.

Berikut lima ayat Al-Qur'an tentang perintah kurban yang bisa diteladani umat muslim, Senin (15/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Berkurban (1)

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

"Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al Kautsar: 2)

3 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Berkurban (2)

لِّيَشْهَدُوْا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۚ فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْبَاۤىِٕسَ الْفَقِيْرَ

"Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan kepada mereka berupa hewan ternak. Maka, makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir." (QS. Al Hajj: 28)

4 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Berkurban (3)

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ

الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَالصَّابِرِيْنَ عَلٰى مَآ اَصَابَهُمْ وَالْمُقِيْمِى الصَّلٰوةِۙ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

"Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Mahaesa karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah di hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yang melaksanakan salat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka." (QS. Al Hajj: 34-35)

5 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Berkurban (4)

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka, pikirkanlah bagaimana pendapatmu! Dia (Ismail) menjawab, wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar." (QS. As Saffat: 102)

6 dari 6 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Berkurban (5)

قُلْ اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ ۝١٦٢

"Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, Sesungguhnya salatku yang aku kerjakan selama hidupku, ibadahku atau kurbanku, hidupku dengan berbagai amalan yang aku kerjakan selama itu, dan matiku dengan membawa iman dan amal saleh, hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam, bukan untuk lain-Nya. Ayat ini menegaskan tentang keharusan manusia untuk mengabdi hanya kepada Allah, baik dalam bentuk ibadah ritual atau lainnya, semenjak hidup sampai mati." (QS. Al An’am: 162)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer