Sukses


8 Cara Menurunkan Kolesterol yang Alami dan Mudah Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Kolesterol adalah lemak yang ditemukan di dalam tubuh kita dan juga dapat ditemukan pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Tingginya kadar kolesterol atau LDL (Low-Density Lipoprotein) dalam tubuh dapat menjadi faktor risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

Itulah mengapa, penting bagi kita untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ada beberapa cara alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita, tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Berikut delapan cara menurunkan kolesterol yang alami dan mudah diterapkan, Jumat (12/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol yang Alami

1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah satu di antara cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan serat dalam sayur dan buah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

2. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak merupakan musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan berlemak, misalnya goreng-gorengan.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

Pastikan untuk tidak menggoreng makanan-makanan tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol yang Alami

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Makanan dengan kandungan tinggi omega-3 merupakan jenis makanan yang disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi. Pasalnya, makanan kaya omega-3 dapat membantu turunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

4. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh meningkat. Hal ini terjadi karena zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menghambat perjalanan kolesterol menuju hati untuk proses penyaringan.

Akibatnya, kolesterol menumpuk di pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol yang Alami

5. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan ideal juga menjadi kunci menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, orang dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol.

Maka itu, terapkan diet sehat untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal.

6. Kurangi Makanan Manis

Mengurangi makanan yang tinggi gula juga disarankan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami. 

Untuk mengontrol asupan gula, batasi menggunakan gula tambahan dan periksa kadar gula pada label makanan atau minuman yang dibeli.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol yang Alami

7. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan satu di antara cara efektif untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal. Lebih dari itu, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Cara menurunkan kolesterol jahat bisa dilakukan dengan berolahraga minimal 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu.

Adapun jenis olahraga ringan yang direkomendasikan adalah berjalan kaki, berenang, atau bersepeda jarak dekat.

8. Makanan yang Mengandung Serat Larut Air

Makanan yang mengandung serat larut air akan membuat usus menyerap kolesterol lebih sedikit sehingga kadar kolesterol dalam tubuh bisa tetap terjaga.

Rekomendasi makanan serat larut air yang mudah ditemukan adalah roti gandum, jeruk, kacang merah, pir, wortel, dan kentang.

Serat larut air juga bisa didapatkan dari suplemen makanan, seperti serat akasia (psyllium). Jenis suplemen ini diketahui bisa membantu memperlancar buang air besar (BAB) serta menurunkan kadar gula darah bagi pengidap diabetes.

 

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer