Sukses


4 Doa Pagi Hari Islami beserta Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Doa pagi hari merupakan doa yang lazim dilakukan oleh umat muslim sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah Swt. agar diberikan perlindungan, keberkahan, dan kekuatan dalam menjalani hari.

Dalam Islam, doa pagi hari memiliki pengertian dan makna yang penting bagi setiap individu yang beriman.

Doa pagi hari memiliki pengertian sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt. atas karunia-Nya yang diberikan setiap harinya. Dengan berdoa di pagi hari, umat muslim mengakui dan menyadari bahwa segala sesuatu yang mereka miliki dan nikmati berasal dari tangan-Nya.

Doa pagi hari juga merupakan ungkapan rasa terima kasih atas limpahan rahmat dan hidayah yang Allah berikan kepada umat-Nya.

Selain itu, doa pagi hari memiliki pengertian sebagai permohonan kepada Allah Swt. agar diberikan keberkahan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Umat muslim meyakini bahwa dengan memulai hari dengan doa, Allah akan melindungi mereka dari segala macam kejahatan dan bencana.

Doa pagi hari menjadi sarana untuk mendapatkan berkah dan keberuntungan dalam segala aspek kehidupan, baik dalam pekerjaan, studi, keluarga, maupun hubungan sosial.

Doa pagi hari memiliki pengertian sebagai sarana untuk memohon kekuatan dan petunjuk dari Allah Swt. dalam menjalani hari yang penuh tantangan. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap individu dihadapkan pada berbagai kesulitan, stres, dan tekanan.

Doa pagi hari mengajarkan bahwa Allah Swt adalah penghibur dan penolong yang senantiasa siap membantu umat-Nya dalam menghadapi segala masalah dan tantangan dalam hidup.

Berikut macam-macam doa pagi hari Islami beserta tujuannya, disadur dari Liputan6, Selasa (16/4/2024).

2 dari 5 halaman

Doa Pagi Hari Islami agar Senantiasa Dilancarkan Segala Urusan

Doa pagi hari Islam adalah sebuah tindakan spiritual yang umat muslim lakukan setiap pagi sebelum memulai aktivitas mereka. Doa ini memiliki tujuan utama yaitu memohon perlindungan dan bimbingan dari Allah Swt. untuk mengawali hari dengan baik.

Beberapa doa pagi yang umumnya dibaca oleh umat muslim mencerminkan kesadaran akan ketergantungan kepada Allah dan harapan agar segala urusan dalam hari tersebut dimudahkan oleh-Nya.

Rasulullah saw. pernah mengajarkan doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap pagi. Begini bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali." (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya)

Selain dapat membaca doa tersebut agar segala urusan dilancarkan dan dimudahkan, kita juga diperkenankan membaca doa pagi hari Islam, yang terdapat dalam Al-Quran surah Thaha ayat 25 hingga 28:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbis rahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqahu qaulii.

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku."

3 dari 5 halaman

Doa Pagi Hari Islami agar Dimudahkan dalam Mencari Rezeki Halal

Rezeki halal adalah rezeki yang diperoleh secara sah sesuai ajaran agama, yang akan membawa berkah, kedamaian, dan keberkahan dalam kehidupan.

Mencari rezeki halal juga merupakan kewajiban bagi umat muslim, yang akan mendatangkan kebaikan dan menjauhkan dari dosa dan akibat buruk yang dapat muncul jika mencari rezeki dengan cara yang tidak sah atau haram.

Setiap memulai pekerjaan di pagi hari untuk mencari rezeki halal, sebagai muslim, kita disunahkan membaca doa agar diberikan kelancaran.

Berikut bacaan doanya:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban, wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i 'umrii. Allahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka. Allahumma innii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-aluka na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu

Artinya: "Ya Allah, berilah kepadaku rezeki yang halal dan baik, serta pakaikanlah kepadaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezeki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

4 dari 5 halaman

Doa Pagi Hari Islami agar Diberi Petunjuk

Memohon petunjuk dan bimbingan dari Allah Swt. sebelum mengawali hari adalah penting karena itu adalah tindakan kesadaran akan ketergantungan kepada Allah sebagai Pencipta.

Dengan berdoa, kita mencari arahan-Nya dalam menjalani hari, meminta agar tindakan dan keputusan kita sesuai kehendak-Nya, dan memohon perlindungan dari godaan dan kesalahan.

Ini membantu kita menjalani hari dengan kesadaran spiritual, menjauhi keputusan yang salah, dan mencari berkah dalam setiap langkah kehidupan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa pagi hari Islam untuk memohon petunjuk jalan yang lurus.

Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanaa aatinaa minladunka rahmataw-wahayyi lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

5 dari 5 halaman

Doa Pagi Hari Islami agar Diringankan Cobaan dan Beban Hidup

Mengajukan permohonan kepada Allah agar cobaan dan beban hidup diringankan adalah tindakan yang sangat diperbolehkan dalam Islam. Ini mencerminkan kesadaran umat muslim bahwa Allah adalah Penyelamat dan Penolong dalam menghadapi cobaan hidup.

Memohon agar diringankan beban juga menunjukkan tawakal kepada Allah dan keyakinan bahwa Dia Maha Kuasa untuk mengubah keadaan.

Dengan doa ini, umat muslim berharap agar Allah memberikan kemudahan dalam menghadapi cobaan dan memberikan kekuatan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Berikut adalah bacaan doa pagi hari Islam, untuk memohon diringankan beban,yang tertuang dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 286:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Rabbana laa tuaa-khidzna innasiina au akhtho'na, rabbana wala tahmil 'alaina ishran kama hamaltahu 'alalladziina min qablina, rabbana wala tuhammilna ma la thooqatalanabih, wa'fu'anna waghfirlana warhamna, anta maulana fansurna 'alal qaumilkaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis: Mabruri Pudyas Salim/ Editor: Fadila Adelin. Published: 13/9/2023)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer