Sukses


Bacaan Doa Mengusir Rasa Kantuk Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Mengantuk adalah kondisi yang umum dialami banyak orang. Rasa kantuk bisa muncul kapan saja, terutama saat menjalani aktivitas yang monoton atau kurang tidur.

Namun, ketika rasa kantuk datang saat kita sedang melakukan suatu kegiatan yang penting, hal ini dapat mengganggu fokus dan produktivitas.

Maka itu, penting untuk mengetahui cara mengusir rasa kantuk secara alami dan efektif. Satu di antara caranya adalah dengan membaca doa khusus untuk mengusir rasa kantuk.

Doa merupakan bentuk ibadah yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah dan rasa kantuk bukanlah pengecualian.

Membaca doa khusus untuk mengusir rasa kantuk dapat membantu kita dalam memperoleh ketenangan jiwa dan menenangkan pikiran.

Doa tersebut juga dapat mengaktifkan hubungan spiritual kita dengan Tuhan sehingga kita dapat mengalami rasa damai dan konsentrasi yang lebih baik.

Berikut bacaan doa mengusir rasa kantuk menurut agama Islam, Selasa (16/4/2024).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Mengusir Rasa Kantuk

Berikut doa menghilangkan rasa kantuk dari ayat 54-56 surah Al-A'raf.

Inna rabbakumullahu ladzi kholaqos samawati wal ardla fi sittati ayyamin tsummas tawa 'alal 'arsyil lailan nahara yathlubuhu khatsitsaw wasy syamsa wal qomaro wan nujuma musakhkhorotim bi amrihi, ala lahul kholqu wal amru tabarakallahu robbul 'alamin. Ud'u robbakum tadlarru'a wa khufyatan, innahu la yukhibbul mu'tadin. Wa la tufsidu fil 'ardli ba'da ishlakhiha wad'uhu khoufaw wathoma'an, inna rokhmatallahu qoribum minal mukhsinin.

Artinya:

"Sesungguhnya Tuhanmu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Mengusir Rasa Kantuk

Doa ini merupakan penggalan Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 255 atau dikenal dengan ayat kursi.

لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ

La ta khudzuhu sinatuw wala naum.

Artinya:

"Allah tidak mengantuk dan tidak tidur." (Achmad Chalwani, Risalah Doa & Shalawat, [Purworejo, KESAPP: 2021] edisi VIII, halaman 33)

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer