Sukses


13 Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Kulit belang atau kulit yang mengalami hiperpigmentasi sering menjadi masalah bagi banyak orang. Hiperpigmentasi disebabkan oleh berbagai faktor.

Kulit belang atau pigmentasi tidak merata pada kulit bisa disebabkan beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari berlebihan, perubahan hormon, penuaan, atau trauma pada kulit.

Kendati ada berbagai produk pemutih kulit di pasaran, banyak orang lebih memilih solusi alami untuk mengatasi masalah kulit belang.

Selain perawatan alami, penting untuk memperhatikan pola makan sehat, cukup istirahat, dan mengelola stres untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Jika masalah pigmentasi kulit sangat mengganggu atau tidak membaik dengan perawatan alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk saran dan perawatan lebih lanjut.

Berikut cara mengatasi kulit belang secara alami yang bisa dipraktikkan, Selasa (16/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami

1. Penggunaan Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Oleskan jus lemon segar secara langsung ke area kulit yang belang menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air.

Hindari terlalu sering menggunakan lemon karena bisa membuat kulit sensitif.

2. Pakai Madu dan Kunyit

Campurkan madu dengan sedikit bubuk kunyit hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke kulit yang belang dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Kunyit memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu mengurangi pigmentasi.

3. Minyak Almond

Minyak almond mengandung vitamin E dan bisa membantu melembapkan kulit serta meratakan warna kulit.

Oleskan beberapa tetes minyak almond ke area kulit yang belang dan pijat lembut sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami

4. Yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang membantu mengelupas lapisan atas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Oleskan yoghurt tanpa pemanis ke area kulit yang belang dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air.

5. Masker Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengurangi pigmentasi dan mencerahkan kulit. Haluskan potongan pepaya matang dan oleskan sebagai masker ke kulit yang belang. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat melembapkan dan menyembuhkan kulit. Oleskan gel lidah buaya langsung ke area kulit yang belang dan biarkan meresap selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami

7. Timun

Mentimun tidak hanya memiliki sifat melembapkan, tetapi juga mengandung senyawa bioaktif yang menghambat aktivitas pigmentasi kulit.

Iris setengah mentimun dan haluskan dengan blender. Tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya dan aduk rata.

Oleskan campuran ini ke tangan, diamkan beberapa dan bilas. Oleskan sekali seminggu sampai belang di tangan menghilang.

8. Madu

Madu memiliki sifat pelembap yang sangat baik dan meningkatkan perbaikan jaringan. Madu tidak hanya melembutkan kulit dan membuatnya halus, tetapi juga mengandung antioksidan yang membalikkan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Campur satu sendok makan madu dan satu buah perasa lemon. Oleskan campuran ini ke tangan. Cuci bersih dengan air setelah 10-15 menit. Lakukan dua kali seminggu.

9. Pakai Minyak Rosehip

Minyak rosehip kaya akan asam lemak esensial dan vitamin A yang dapat membantu merangsang regenerasi sel kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Oleskan minyak rosehip ke area kulit yang belang secara teratur untuk melihat perbaikan dalam beberapa minggu.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami

10. Masker Tomat

Tomat mengandung likopen, senyawa antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mencerahkan kulit.

Haluskan tomat matang menjadi pasta, aplikasikan ke kulit sebagai masker, dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air.

11. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam alpha-hidroksi (AHA) yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Campurkan cuka apel dengan air secukupnya, aplikasikan ke kulit menggunakan kapas, dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

12. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV yang dapat memperburuk pigmentasi. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, terutama saat berada di luar ruangan.

13. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan seperti blueberry, stroberi, bayam, dan brokoli dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan memperbaiki pigmentasi.

 

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer