Sukses


7 Cara Mengatasi Overthinking yang Baik untuk Kesehatan Mental

Bola.com, Jakarta - Overthinking atau berpikir berlebihan dapat menjadi masalah yang mengganggu kehidupan kita sehari-hari.

Ketika kita terjebak dalam alur pikiran yang tidak berhenti, hal itu dapat merugikan kesehatan mental dan emosional kita.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi overthinking ini. Penting untuk menyadari ketika kamu mulai terjebak dalam siklus pemikiran berlebihan ini.

Ketika kamu menyadari kam mulai overthinking, berusaha untuk mengalihkan perhatian ke hal lain dapat membantu menghentikan alur pikiran yang negatif. Misalnya dengan melakukan kegiatan yang membuatmu terlibat sepenuhnya seperti olahraga atau menggambar.

Selain itu, belajar untuk menerima ketidakpastian dan merelakan kontrol yang berlebihan dapat membantu mengurangi overthinking.

Ada banyak hal di dunia ini yang tidak bisa kita kendalikan, dan memikirkan hal-hal tersebut secara berlebihan hanya akan membuatmu merasa stres dan cemas.

Cobalah untuk memusatkan energi pada hal-hal yang memang bisa kamu kendalikan, seperti bagaimana kamu merespons situasi atau mengembangkan keterampilan pribadi.

Masih ada beberapa cara lain yang bisa membantu kamu mengatasi overthinking. Untuk memahaminya lebih lanjut, kamu bisa menyimak artikel ini.

Berikut tujuh cara mengatasi overthinking yang baik untuk kesehatan mental, Kamis (18/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Overthinking

1. Sadari dan Kenali Pola Pikir Overthinking

Langkah pertama dalam mengatasi overthinking adalah dengan menyadari dan mengenali pola pikir yang mendorongmu terjebak dalam lingkaran berpikir.

Perhatikan ketika pikiran-pikiran negatif dan berulang terjadi, dan kemudian latih diri untuk mengalihkan perhatian ke hal-hal positif atau kegiatan yang lebih baik.

2. Fokus pada Hal yang Bisa di Kontrol

Jangan terlalu memikirkan hal-hal di luar kendalimu. Alihkan energi dan pikiran pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan.

Fokus pada langkah-langkah kecil yang bisa kamu ambil untuk mengatasi masalah. Ini akan membantu mengurangi rasa cemas dan membuatmu lebih efektif dalam menyelesaikan masalah.

3. Praktikkan Meditasi dan Relaksasi

Meditasi dan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam dapat membantu melepaskan ketegangan pikiran dan mengurangi overthinking.

Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk duduk tenang, mengamati pikiran-pikiran yang muncul, dan membiarkannya pergi tanpa menilai atau mengikuti mereka.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Overthinking

4. Batasi Konsumsi Berita dan Media Sosial

Berita dan media sosial sering kali menjadi pemicu pikiran negatif dan overthinking. Batasi waktu yang dihabiskan untuk mengonsumsi informasi ini. Pastikan konten yang kita konsumsi adalah positif dan relevan dengan kebutuhan kita.

Menghabiskan lebih banyak waktu untuk hobi atau kegiatan lain yang menyenangkan juga dapat membantu mengalihkan pikiran dari overthinking.

5. Bicarakan dengan Orang Tepercaya

Berbagi pikiran dan perasaan dengan orang tepercaya seperti teman, keluarga, atau pasangan dapat membantu mengurangi beban pikiran dan memberikan sudut pandang yang objektif.

Mendengar pendapat mereka juga bisa memberikan wawasan baru dan memecahkan masalah yang kamu hadapi.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Overthinking

6. Lakukan Aktivitas Fisik

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengalihkan perhatian dan mengurangi tingkat stres. Ketika kamu bergerak, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuatmu merasa lebih baik secara fisik dan emosional.

7. Latih Keterampilan Berpikir Positif

Terakhir, latih keterampilan berpikir positif dengan menggantikan pikiran negatif dengan pikiran dan ungkapan positif.

Bekerja sama dengan seorang terapis atau membaca buku-buku self-help dapat memberikan strategi dan alat untuk mengubah pola pikir yang negatif.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer