Sukses


Bacaan Doa Menyembuhkan Angin Duduk Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari bagi umat muslim. Satu di antara bacaan doa yang sering dibaca adalah doa menyembuhkan angin duduk.

Angin duduk merupakan gangguan kesehatan yang bisa dialami siapa saja. Oleh karena itu, doa khusus untuk menyembuhkan angin duduk dapat membantu kita dalam menghadapinya.

Doa menyembuhkan angin duduk ini mengandung harapan dan permohonan kepada Allah Swt. untuk diberikan kesembuhan dan perlindungan dari gangguan kesehatan.

Angin duduk dapat menyebabkan perut terasa kembung, nyeri, dan kadang-kadang bahkan mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas.

Itulah mengapa penting mengetahui cara mencegah angin duduk, termasuk dengan menggunakan doa-doa yang telah diajarkan oleh agama Islam.

Berikut bacaan doa menyembuhkan angin duduk menurut agama Islam, Kamis (18/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menyembuhkan Angin Duduk

Umat muslim perlu mengetahui bahwa ketika angin duduk terjadi maka bisa diiringi dengan berdoa. Hal ini juga yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. dahulu ketika ada yang terkena rihul ahmar atau angin duduk.

Berikut adalah bacaan doa menyembuhkan angin duduk yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw.:

اللهم إني أعوذبك من الريح الأحمر والدم الأسود والداء الأكبر

Allahumma inni a’uzubika minarrihil ahmar, waddamil aswad, waddail akbar.

Artinya: "Ya Allah Ya Tuhanku lindungi aku dari angin merah dan lindungi aku dari darah hitam (stroke) dan dari penyakit berat."

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Angin Duduk

Menyadari bahwa penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan terjadi secara mendadak, alangkah lebih baik jika umat muslim mencegahnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah angin duduk dan hal ini pun berhubungan dengan bagaimana sebaiknya Anda menerapkan gaya hidup sehari-hari.

Berikut adalah beberapa cara mencegah angin duduk yang perlu umat muslim ketahui:

Menghindari Merokok

Cara pertama untuk mencegah angin duduk adalah dengan menghindari merokok. Jika umat muslim memang tidak merokok, pertahankan untuk tetap menghindarinya.

Jika Anda masih merokok, cobalah untuk sedikit demi sedikit meninggalkannya. Jangan lupa juga, hindari asap rokok karena menjadi perokok pasif juga sangat berbahaya.

Menurunkan Berat Badan

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko terkena angin duduk. Maka, sebaiknya jika berat badan sudah berlebih, usahakan untuk menurunkannya.

Cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan arahan yang tepat dari dokter tentang bagaimana menurunkan berat badan yang sehat.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara mencegah angin duduk berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Usahakan untuk membatasi atau bahkan menghindari makanan yang berlemak jenuh.

Akan lebih baik jika umat muslim banyak mengonsumsi biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Berolahraga

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, jangan lupa untuk berolahraga. Meski umat muslim memiliki aktivitas yang padat dan sibuk, tidak ada salahnya memberikan sedikit waktu untuk berolahraga. Lakukan olahraga secara rutin demi menjaga tubuh yang sehat dan bugar.

Kelola Stres

Hal yang tidak kalah penting untuk mencegah angin duduk adalah dengan mengelola stres. Stres bisa menjadi penyebab terjadinya angin duduk.

Sebaiknya umat muslim mencari cara yang tepat untuk bisa mengelola stres. Carilah cara yang menurut Anda cocok dan membuat Anda nyaman.

Hindari Minuman Beralkohol

Cara yang terakhir untuk mencegah angin duduk adalah dengan menghindari minuman beralkohol. Minuman beralkohol memiliki efek jangka panjang yang tidak baik bagi tubuh. Tidak hanya berisiko terkena angin duduk, tetapi juga bisa menggangu organ lainnya, seperti ginjal.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer