Sukses


Bacaan Doa sebelum Berangkat Kerja Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa sebelum berangkat kerja menjadi satu di antara praktik keagamaan yang banyak dilakukan oleh umat muslim.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk permintaan kepada Allah agar diberikan kelancaran, kesuksesan, dan perlindungan dalam menjalani aktivitas sehari-hari di tempat kerja.

Bacaan doa tersebut bisa menjadi pengingat bagi kita bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita ada di tangan-Nya.

Doa sebelum berangkat kerja memiliki berbagai manfaat bagi setiap individu yang melakukannya.

Doa ini mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang kita lakukan adalah untuk mencari rida-Nya.

Dengan mengawali hari kerja dengan doa, kita diingatkan agar tetap menjalani pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, kejujuran, dan integritas.

Selain itu, doa sebelum berangkat kerja dapat menjadi sumber ketenangan dan ketentraman dalam menghadapi tantangan dan tekanan di lingkungan kerja.

Dalam berbagai situasi sulit yang mungkin kita hadapi, doa ini membangun keyakinan bahwa Allah akan selalu memberikan pertolongan dan jalan keluar terbaik bagi kita.

Berikut bacaan doa sebelum berangkat kerja menurut agama Islam, Jumat (19/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Berangkat Kerja

Doa Pagi Hari

Doa pagi hari ini merupakan bacaan doa yang selalu dipanjatkan Rasulullah sebelum mengawali aktivitas. Dengan doa ini, Anda bisa memohon perlindungan dari Allah serta memohon keselamatan dari pagi, siang, sore, hingga malam hari.

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya:

"Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali." (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya)

Doa Berangkat Kerja

Dengan memanjatkan doa ini, Anda bisa memohon kepada Allah agar senantiasa diberi berkah dari pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.

Selain itu, Anda bisa memohon perlindungan agar tetap melakukan perbuatan baik serta rezeki yang halal.

Berikut doa berangkat kerja yang bisa Anda panjatkan:

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu. (Dibaca sebanyak 3x)

Artinya:

"Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Berangkat Kerja

Doa agar Semangat Beraktivitas

Setelah mengetahui bacaan doa pagi hari dan doa berangkat kerja, ketahui juga doa agar semangat beraktivitas. Harus diakui bahwa rasa malas sering muncul ketika Anda hendak memulai aktivitas di setiap harinya.

Jika tidak dapat dikelola dengan baik, rasa malas justru dapat menghambat Anda untuk melakukan kegiatan yang produktif. Maka itu, penting untuk memanjatkan doa kepada Allah agar dijauhkan dari rasa malas dan senantiasa diberi semangat setiap kali beraktivitas.

Berikut bacaan doa agar semangat beraktivitas yang bisa Anda terapkan:

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya:

"Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad saw., keluarga, dan para sahabatnya."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer