Sukses


Contoh-Contoh Teks Pidato Hari Kartini Singkat yang Bisa Jadi Referensi

Bola.com, Jakarta - Hari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April merupakan satu di antara Hari Besar Nasional.

Hari Kartini diperingati untuk mengenang perjuangan dan semangat Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan emansipasi dan memajukan kehidupan wanita Indonesia.

Maka itu, setiap tahunnya, Hari Kartini dirayakan untuk menghormati sekaligus mengenang jasa-jasanya.

Menjelang Hari Kartini, masyarakat akan menggelar berbagai kegiatan. Satu di antaranya ialah lomba pidato.

Bagi kamu yang ingin berpatisipasi dalam lomba ini, ada banyak contoh teks pidato singkat dan mudah dihafal.

Berikut contoh-contoh teks pidato Hari Kartini singkat yang bisa jadi referensi, Jumat (19/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Pidato Hari Kartini Singkat (1)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua. Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. 

Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu, yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini.

Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, tetapi kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. 

Dengan memahami makna Hari Kartini, wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini-Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek. 

Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman, "Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya".

Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, namanya dan perjuangannya dapat terus dinikmati hingga sekarang.

Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya.

Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Pidato Hari Kartini Singkat (2)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah Dasar Harapan Bangsa.

Yang terhormat bapak dan ibu guru

Serta teman-teman yang saya banggakan.

Pada pagi yang berbahagia ini, marilah bersama-sama mengucap syukur kepada Allah Swt. Atas izin-Nya, kita dapat berkumpul dalam peringatan Hari Kartini yang bersejarah ini.

Raden Ajeng Kartini, sosok wanita pejuang tanah air yang lahir pada 21 April 1879. Di zaman penjajahan yang serbasulit, di tengah kehidupan masyarakat yang menganut budaya patriarki, R.A. Kartini telah memiliki pemikiran-pemikiran yang lebih maju.

Di masa itu, perempuan pribumi yang mengenyam pendidikan tinggi dianggap sebagai hal tabu. R.A. Kartini ingin melawan pandangan tersebut karena sejatinya pendidikan adalah hak setiap insan, tanpa memandang gender, tanpa peduli laki-laki atau perempuan.

R.A. Kartini bermimpi bahwa suatu saat, kaum hawa pum bebas bersekolah seperti halnya para pria. Di masa sekarang, mimpi kecil beliau telah terwujud, tetapi bukan berarti perjuangannya selesai. Kini, tugas kitalah untuk melanjutkan perjuangan R.A. Kartini dengan menjadi pribadi yang terpelajar dan juga mandiri.

Sebagai seorang siswa, kita memiliki kewajiban untuk belajar. Maka itu, sudah sepatutnya kita memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengenyam pendidikan dan menjadi sosok perempuan yang berpengetahuan dan berwawasan luas.

Belajar pun tak hanya di sekolah, bahkan ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Kita perlu belajar bagaimana cara bergaul, berkomunikasi, menumbuhkan empati dan rasa peduli, hingga belajar melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa bergantung kepada orang lain.

Marilah mencontoh semangat juang R.A. Kartini. Marilah menjadi generasi Kartini yang tak pernah berhenti belajar. Menjadi Kartini masa kini berarti menjadi sosok perempuan yang cerdas dan mandiri sehingga mampu menghadapi tantangan dunia.

Sekian pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga setiap langkah kita dimudahkan oleh Allah Swt.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Pidato Hari Kartini Singkat (3)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada pagi yang berbahagia ini marilah kita bersama sejenak merenung dan berdoa, semoga kita selalu dikaruniai kebahagiaan oleh Tuhan yang Mahakuasa, diberi kekuatan untuk bersyukur atas rahmat dan hidayah dari Tuhan yang Mahakuasa. 

Rasa syukur itu marilah kita buktikan dengan tetap menjalankan kewajiban dan menjauhi larangan-Nya. Selanjutnya pada pagi yang berbahagia ini, hendaknya kita juga bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan oleh Allah Tuhan yang Mahakasih, yang dengan rahmat-Nya pula kita bisa bersama-sama mengadakan upacara memperingati Hari Kartini.

Nama Kartini, sudah tidak asing lagi. Bahkan dalam kehidupan sekarang ini telah terpatri suatu sikap, khususnya sikap para Ibu, sikap para remaja dan pemudi putri, yang mencerminkan cita-cita luhur R.A. Kartini. Sebagai wanita yang tentu tidak bisa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan maka sekarang kian tampak bahwa dalam mendudukkan dirinya sebagai sesama pejuang bangsa, telah dapat menempatkan diri wanita Indonesia sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap para kaum laki-laki. Itulah sikap tegas kaum wanita yang secara langsung mencerminkan keluhuran cita-cita Kartini.

Sikap itu juga memperlihatkan betapa hak asasi manusia Indonesia ini sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta membangun nusa dan bangsa Indonesia. Tidaklah berlebihan kiranya jika wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki.

Bahkan di desa telah banyak wanita yang kedudukannya lebih tinggi dari sebagian kaum laki-lakinya. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita khususnya kaum wanita benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan dan kemampuan wanita dalam menegakkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Hari Kartini senantiasa kita peringati setiap tahun. Namun, hendaknya jangan saat peringatan ini saja menampilkan hasil karya dan cipta kaum wanita. Mudah-mudahan setiap hari, setiap masa wanita Indonesia, tetap berjuang dan tetap bercitra, sebagai bangsa yang harum namanya.

Semoga Tuhan senantiasa meridai kita, khususnya para wanita Indonesia dalam menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga kaum wanita bertambah jaya, bertambah perkasa dalam menjaga nama besar bangsa, negara, masyarakat, dan jangan lupa, semoga tetap jaya dalam menjaga nama baik keluarga.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer