Sukses


9 Dalil tentang Sedekah yang Penting Umat Muslim Pahami

Bola.com, Jakarta - Sedekah atau dalam bahasa Arab disebut "shodaqah", merupakan satu di antara amalan mulia yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Sedekah menyimpan segudang manfaat dan makna yang mendalam bagi pelakunya maupun bagi umat manusia secara keseluruhan.

Sedekah tidak hanya diartikan sebagai pemberian materi berupa harta, tetapi juga mencakup berbagai perbuatan baik lainnya, seperti menebar kebaikan, membantu sesama, dan menyebarkan ilmu pengetahuan.

Sedekah dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa mengenal batas waktu maupun tempat.

Bagi pelakunya, sedekah merupakan sarana untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan, meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. dan membuka pintu rezeki yang berlimpah.

Sedekah juga dapat menjadi pengantar menuju surga. Maka itu, mari kita jadikan sedekah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Dengan sedekah, kita tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga meningkatkan kualitas diri dan menebar kebaikan di muka bumi. Ingatlah, sedekah sekecil apa pun akan bernilai besar di sisi Allah Swt.

Berikut sembilan dalil tentang sedekah yang penting umat muslim pahami, Senin (22/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Sedekah

Dalil tentang Sedekah (1)

"Sedekah tidaklah mengurangi harta." (HR. Muslim)

Dalil tentang Sedekah (2)

"Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api." (HR. At Tirmidzi)

Dalil tentang Sedekah (3)

فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ مَا ٱسْتَطَعْتُمْ وَٱسْمَعُوا۟ وَأَطِيعُوا۟ وَأَنفِقُوا۟ خَيْرًا لِّأَنفُسِكُمْ ۗ وَمَن يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِۦ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

"Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. At Tagabun: 16)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Sedekah

Dalil tentang Sedekah (4)

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS. Al Hadid: 18)

Dalil tentang Sedekah (5)

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

"Jika kamu menampakkan sedekah(mu) maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Baqarah: 271)

Dalil tentang Sedekah (6)

"Apabila anak cucu Adam itu mati maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, anak saleh yang memohon ampunan untuknya (ibu dan bapaknya), dan ilmu yang bermanfaat setelahnya." (HR. Abu Hurairah)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Sedekah

Dalil tentang Sedekah (7)

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ٢٦١

"Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah: 261)

Dalil tentang Sedekah (8)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ ٢٦٧

"Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu infakkan, padahal kamu tidak mau mengambilnya, kecuali dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Ketahuilah bahwa Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji." (QS. Al Baqarah: 267)

Dalil tentang Sedekah (9)

"Seseorang masuk surga, lalu dia melihat tulisan di atas pintu surga 'Satu sedekah dibalas sepuluh kali lipat, dan pinjaman dibalas 18 kali lipat'." (HR. Ath Thabrani, Al Baihaqi)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer