Sukses


Bacaan Dua Kalimat Syahadat dalam Bahasa Arab, Latin, Terjemahan, dan Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Bacaan dua kalimat syahadat adalah satu di antara pijakan utama dalam agama Islam. Dua kalimat syahadat berfungsi sebagai ungkapan keyakinan dan pengakuan sebagai seorang muslim.

Dua kalimat syahadat mengandung berbagai makna penting. Pertama, mengakui bahwa hanya Allah-lah Tuhan yang berhak disembah dan tiada Tuhan selain-Nya.

Hal ini menegaskan monoteisme dan menolak segala bentuk penyembahan kepada selain Allah.

Kedua, mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang terakhir yang membawa ajaran dan petunjuk-Nya kepada umat manusia.

Dengan mengikuti ajaran dan teladan Nabi Muhammad, umat muslim diharapkan dapat menjalani kehidupan dunia dan akhirat sesuai kehendak Allah.

Dalam kesimpulan, dua kalimat syahadat merupakan kalimat yang sangat penting dalam agama Islam. Dengan mengucapkannya, seseorang secara resmi menjadi seorang muslim dan mengakui keesaan Allah dan kepemimpinan Nabi Muhammad.

Berikut bacaan dua kalimat syahadat dalam bahasa Arab, latin, terjemahan, dan keutamaannya, Selasa (23/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Dua Kalimat Syahadat Arab, Latin, dan Terjemahan

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

"Asyhadu an la ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah."

Artinya: "Saya bersaksi tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan saya bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Dua Kalimat Syahadat

1. Sebagai pintu masuk ke dalam Islam

Dua kalimat syahadat adalah hal yang penting dan azazi dalam Islam karena merupakan pintu masuk bagi seseorang ke dalam Islam.

Maka itu, dua kalimat syahadat menjadi rukun Islam yang pertama sebelum salat, zakat, puasa, dan haji bagi yang mampu. Sebab, dua kalimat syahadat adalah dasar dan asas bagi rukun Islam yang lain dan menjadi pilar bagi rukun iman.

2. Menjadikan seseorang terlindungi darah dan hartanya.

Muslim yang mengucap dua kalimat syahadat akan terlindungi darah dan hartanya sesuai yang tertuang dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, berikut:

"Rasulullah saw. bersabda: Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat. Apabila mereka telah melaksanakan itu, berarti mereka telah melindungi darah dan harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, sedangkan hisab mereka menjadi wewenang Allah taala."

3. Kunci masuk surga.

Dua kalimat syahadat merupakan kunci masuk surga seperti yang tertuang dalam hadis riwayat Ahmad berikut.

"Rasulullah saw. bersabda: Kunci surga adalah kalimat syahadat la ilaha illallah."

4 dari 4 halaman

Keutamaan Dua Kalimat Syahadat

4. Menjadikan seseorang dijauhi dari neraka.

Dua kalimat syahadat yang diikrarkan dengan tulus ikhlas dan jujur dari hati serta semata-mata demi mengharap keridaan Allah selain dapat membuka pintu surga, juga dapat menjauhkan muslim dari api neraka.

Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Bukhari sebagai berikut:

"Tak seorang pun yang bersaksi (bersyahadat) bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya dengan jujur dari hatinya, kecuali Allah mengharamkannya disentuh api neraka."

5. Menjadikan seseorang memperoleh syafaat Rasulullah.

Muslim yang membaca dua kalimat syahadat akan memperoleh syafaat dari Rasulullah seperti yang tertuang dalam hadis riwayat Bukhari berikut.

"Rasulullah saw. bersabda: Orang yang paling berbahagia dengan syafaatku adalah orang yang mengucapkan la ilaha illallah secara tulus ikhlas dari hatinya (atau dari jiwanya)."

Syafaat ini bermanfaat untuk melepaskan diri dari berbagai kesukaran di padang masyar, meringankan azab bagi orang kafir tertentu, dan mengeluarkan sebagian orang mukmin yang telah dilemparkan ke neraka jahanam.

Selain itu, syafaat ini untuk memohon ampun bagi mukmin yang akan dilemparkan ke dalam neraka disebabkan amal-amal buruknya, supaya mukmin dimasukkan ke surga tanpa hisab, dan bagi orang-orang beriman supaya derajat mereka ditinggikan.

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer