Sukses


Pengertian Kalimat Interogatif, Jenis, Ciri, dan Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Istilah kalimat interogatif mungkin sudah tidak lagi asing bagi sebagian orang karena sering kita ucapkan atau tulis dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa itu kalimat interogatif?

Kalimat interogatif adalah jenis kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu atau mencari informasi yang diinginkan.

Kalimat interogatif dapat diawali oleh kata tanya, seperti "apa", "siapa", "kapan", "mengapa", "bagaimana", dan "berapa". Kata tanya juga bisa diikuti tambahkan "kah" sebagai penegas.

Di samping itu, kalimat interogatif umumnya diakhiri dengan tanda tanya.

Secara keseluruhan, kalimat interogatif memiliki peran penting dalam berkomunikasi, terutama untuk memperoleh informasi dan mengetahui pendapat orang lain.

Itulah sedikit penjelasan tentang kalimat interogatif. Untuk menambah ilmu atau wawasan tentang kalimat interogatif, tidak ada salahnya mempelajarinya melalui rangkuman di bawah ini, Selasa (23/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis Kalimat Interogatif

  • Kalimat Interogatif Total

Kalimat interogatif total biasa digunakan untuk menanyakan seluruh informasi yang ada dalam pertanyaan.

Kalimat tersebut biasanya digunakan untuk menyatakan setuju atau tidak setuju dari lawan bicara. Maka itu, kalimat ini menuntun antara tanggapan atau respons, entah mengiyakan atau menolak.

  • Kalimat Interogatif Parsial

Kalimat ini digunakan untuk menanyakan informasi yang terkandung dalam pertanyaan. Biasanya menggunakan kalimat tanya yang ditentukan berdasarkan objek yang dimaksud.

Contohnya untuk menanyakan orang menggunakan "siapa", "untuk siapa", dan "dari siapa".

Untuk menanyakan tempat menggunakan "di mana", "ke mana", dan "dari mana". Sedangkan untuk menanyakan waktu menggunakan "bila", "kapan", "bilamana".

Selain itu, untuk menanyakan bilangan menggunakan "berapa", menanyakan perbuatan menggunakan "mengapa", menanyakan sebab menggunakan "kenapa", dan terakhir menanyakan benda, hewan, atau tumbuhan menggunakan "apa", "dari mana", dan "untuk apa".

3 dari 4 halaman

Ciri Kalimat Interogatif

  • Isi kalimatnya menanyakan sesuatu.
  • Awal kalimatnya ditandai kata 5W+1H.
  • Tanggapan berupa suatu jawaban.
  • Secara tulisan, akan diakhiri dengan tanda tanya (?).
  • Umumnya diikuti tambahan "kah", setelah kata tanya. Contoh: siapakah, apakah, di manakah, dan lain-lain.
  • Memiliki intonasi naik dan menurun pada bagian akhir kalimat.
4 dari 4 halaman

Tujuan Kalimat Interogatif

Tujuan kalimat interogatif adalah untuk mendapatkan informasi atau mendapatkan jawaban mengenai suatu hal dari seseorang yang menjadi lawan bicara.

Kalimat interogatif ini tentunya sering diucapkan atau tulis dalam kehidupan sehari-hari.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer