Sukses


7 Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Alergi dingin adalah reaksi yang muncul ketika tubuh terpapar dingin. Reaksi ini dapat menyebabkan gejala, seperti ruam kulit, gatal-gatal, bersin-bersin, atau hidung tersumbat.

Bagi sebagian orang, alergi dingin bisa sangat mengganggu kenyamanan sehari-hari. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi dingin ini. Satu di antara caranya adalah menjaga tubuh tetap hangat, langkah ini penting dalam mengatasi alergi dingin.

Menggunakan pakaian hangat, seperti jaket atau syal, dapat membantu menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah paparan langsung terhadap dingin. 

Selain itu, menjaga kelembapan udara di dalam ruangan dapat membantu mengurangi gejala alergi dingin.

Menggunakan penghumidifikasi udara atau pelembap dapat membantu menjaga kelembapan udara di dalam rumah sehingga mengurangi kemungkinan reaksi alergi.

Masih ada beberapa cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi alergi dingin. Berikut tujuh cara mengatasi alergi dingin yang perlu diketahui, Jumat (26/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Alergi Dingin

1. Menghindari kontak langsung dengan udara dingin

Suhu dingin dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Untuk mengatasi alergi dingin, penting untuk menghindari terpapar langsung dengan udara dingin. Gunakan pakaian yang sesuai untuk melindungi diri, seperti jaket tebal, sarung tangan, dan topi.

2. Menghangatkan tubuh

Satu di antara cara paling sederhana untuk mengatasi alergi dingin adalah dengan menghangatkan tubuh.

Gunakan alat pemanas tubuh seperti selimut atau kaus kaki tebal untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat dan mencegah alergi dingin.

3. Minum teh herbal

Minuman herbal seperti teh jahe atau chamomile dapat membantu meredakan gejala alergi. Sifat antiinflamasi dan antihistamin pada teh herbal dapat membantu menghilangkan rasa gatal dan bengkak pada kulit akibat reaksi alergi dingin.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Alergi Dingin

4. Menggunakan pelembap

Suhu dingin bisa membuat kulit kering dan pecah-pecah. Mengaplikasikan pelembap secara teratur dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi reaksi alergi dingin yang disebabkan oleh kulit kering.

5. Makan makanan yang bergizi

Makanan yang kaya nutrisi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu mengatasi alergi dingin.

Konsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, strawberry, dan kiwi, juga makanan tinggi omega-3 seperti ikan salmon, dapat membantu meredakan gejala alergi dingin.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Alergi Dingin

6. Minum air hangat

Minum air hangat dapat membantu meredakan gejala alergi dingin seperti batuk dan pilek. Air hangat bertindak sebagai pelarut dan membantu membersihkan saluran hidung dan tenggorokan yang teriritasi.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menguatkan sistem kekebalan tubuh adalah kunci utama dalam mengatasi alergi dingin.

Tidur cukup, berolahraga secara teratur, dan menjaga pola makan sehat serta konsumsi vitamin dan suplemen yang sesuai, dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh terhadap alergi dingin.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer