Sukses


7 Cara Mencuci Emas Biar Kuning Lagi, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Emas adalah satu di antara logam berharga yang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, emas sudah menjadi satu di antara investasi terbaik bagi banyak orang.

Seiring berjalannya waktu, warna kuning emas dapat memudar dan terlihat kusam. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh akumulasi debu, kotoran, atau pengaruh kimia yang dapat mengubah warna emas.

Bagi para pencinta emas, mencari cara mencuci emas biar kuning lagi adalah suatu kebutuhan.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar emas Anda kembali berkilau seperti semula. Namun, perlu diingat untuk melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak perhiasan emas yang berharga.

Di samping itu, ada beberapa jenis emas mungkin akan mengalami perubahan warna permanen dan tidak bisa dikembalikan ke warna aslinya.

Berikut tujuh cara mencuci emas biar kuning lagi, yang mudah dilakukan, Kamis (25/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Mencuci Emas Biar Kuning Lagi

1. Larutan Pasta Gigi

Bahan pasta gigi sangat mudah ditemukan di rumah, jadi bisa Anda pakai untuk membersihkan cincin secara berkala agar tetap berkilau.

Pasta gigi memiliki kandungan zat abrasif ringan yang mampu mengangkat kotoran di perhiasan emas dengan cepat.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan pasta gigi kurang lebih 2,5 cm dengan air secukupnya, tetapi jangan terlalu encer.

Gosoklah menggunakan sikat berbulu lembut secara merata hingga bersih, lalu bilas dengan air dan keringkan.

2. Cuci dengan Air Sabun Lembut

Rendam perhiasan emas dalam air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun lembut selama beberapa menit. Kemudian, gosok perhiasan lembut dengan sikat gigi lembut atau spons untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

3 dari 5 halaman

Cara Mencuci Emas Biar Kuning Lagi

3. Larutan Cuka Putih

Campurkan air hangat dengan beberapa tetes cuka putih dan rendam perhiasan emas selama beberapa menit.

Gunakan sikat gigi lembut untuk membersihkan dengan lembut.

Setelah membersihkan perhiasan, pastikan untuk menyiramnya dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

4. Larutan Air Ammonia

Campurkan air hangat dengan beberapa tetes ammonia (jangan terlalu banyak) dan rendam perhiasan emas selama beberapa menit.

Gunakan sikat gigi lembut untuk membersihkan dengan lembut. Pastikan untuk melakukannya di area yang berventilasi baik dan hindari menghirup uap ammonia.

4 dari 5 halaman

Cara Mencuci Emas Biar Kuning Lagi

5. Baking Soda

Buat Anda yang punya baking soda di rumah  bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perhiasan emas agar bisa lebih berkilau. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan sekitar 60 ml baking soda dengan 2 sdm air, aduk rata hingga membentuk pasta.

Lalu, larutan pasta tersebut oleskanlah ke perhiasan emas. Diamkan selama beberapa menit, dan siram dengan cuka. Setelah itu, bilas pakai air bersih dan keringkan.

Perlu Anda ketahui, cara ini tidak cocok untuk emas yang terdapat mutiara atau batu mulianya.

6. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring merupakan cairan pembersih yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kilau pada hampir semua material perhiasan, termasuk emas. Sabun cuci piring juga memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak berisiko menggores perhiasan ataupun membuatnya keropos.

Adapun cara membersihkan emas yang menghitam dengan sabun cuci piring, dapat Anda lakukan menggunakan air hangat.

Caranya, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam air hangat. Kemudian, aduk sabunnya hingga larut.

Masukkan emas ke dalam larutan tersebut dan diamkan hingga 15 menit. Setelah itu, angkat dan sikat menggunakan sikat gigi berbulu halus untuk membantu mengangkat kotoran di emas.

Setelah dirasa cukup, Anda dapat membilasnya menggunakan air dan mengeringkan dengan kain lap bersih.

Tunggu hingga emas benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali ke dalam kotak perhiasan Anda.

5 dari 5 halaman

Cara Mencuci Emas Biar Kuning Lagi

7. Cairan Alkohol

Cara membersihkan emas selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan alkohol. Alkohol dipercaya mampu menghilangkan noda yang menempel pada perhiasaan.

Noda yang menempel biasanya berupa bekas lemak yang berasal dari kebiasaan aktivitas seperti menggunakan tangan untuk makan atau noda lain saat memegang bagian tubuh.

Cara membersihkan perhiasaan emas dengan alkohol tidak boleh sembarangan. Sebab, tidak semua perhiasaan mengandung bahan emas sepenuhnya.

Ada kandungan lain pada perhiasaan yang tidak cocok bila terkena cairan alkohol. Oleh karena itu, jika bahan perhiasaan seluruhnya menggunakan emas Anda boleh merendam ke dalam cairan alkohol selama beberapa menit.

Setelah itu, angkat dan bersihkan dengan kain lembut. Namun, jika ada bahan selain emas pada perhiasan, sebaiknya Anda gunakan cotton bud saja.

Cukup celupkan cotton bud ke dalam cairan alkohol lalu gosokkan secara perlahan ke seluruh permukaan perhiasaan. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores perhiasaan.

Setelah selesai, Anda akan lihat emas menjadi berkilau kembali.

 

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer