Sukses


5 Contoh Pidato Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) yang Menginspirasi

Bola.com, Jakarta - Setiap tanggal 2 Mei, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hardiknas.

Hardiknas merupakan momen penting untuk mengingatkan kita tentang pentingnya pendidikan dalam membangun bangsa yang maju dan beradab.

Selain itu, Hardiknas diperingati setiap tahunnya untuk mengenang jasa-jasa Ki Hadjar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dianggap sebagai bapak pendidikan nasional Indonesia.

Pada Hardiknas, berbagai kegiatan digelar di seluruh penjuru tanah air, baik di sekolah maupun di lembaga pendidikan lainnya.

Satu di antara ialah pembacaan pidato saat upacara bendera peringatan Hardiknas 2 Mei.

Menyusun naskah pidato bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun, kamu jangan khawatir. Kamu bisa mencermati contoh-contoh pidato Hari Pendidikan Nasional di bawah ini sebagai referensi.

Berikut lima contoh pidato Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional), Selasa (30/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Pidato Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) (1)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat bapak/ibu Kepala SD/SMP/SMA,

Yang sangat saya hormati bapak dan ibu guru beserta jajarannya,

Yang saya sayangi teman-teman sekalian,

Terucap syukur yang teramat dalam kepada sang pencipta kita Allah Swt., yang telah memberikan kita nikmat dan rahmat yang sangat luar biasa sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan ini dalam keadaan yang tidak kurang suatu apa pun.

Selawat serta salam tak henti-hentinya kita ucapkan kepada nabi besar kita, nabi akhir zaman Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju ke zaman yang terang benderang dengan ilmu seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia,

Hari ini tepatnya tanggal 2 Mei kita semua memperingati "Hari Pendidikan Nasional" di mana seperti yang kita rasakan pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini dapat diartikan juga bahwa setiap individu memiliki hak untuk mendapatkan dan mengembangkan dalam hal pendidikan serta merupakan pintu gerbang utama kita dalam melihat dan menyikapi keadaan dunia.

Walau seperti yang kita ketahui, pendidikan yang pertama kali kita dapatkan adalah pendidikan di lingkungan keluarga. Jika kita berbicara tentang pendidikan, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang siapa pelopor di baliknya, Ki Hajar Dewantara. Siapa yang tidak mengenalnya?

Bapak Ki Hajar Dewantara atau Suwardi Suryaningrat, beliau merupakan pemimpin serta tokoh yang mempelopori pendidikan di Indonesia. Bapak Ki Hajar Dewantara membuat semboyan sebagai bentuk usaha mewujudkan serta membangun kemerdekaan dunia pendidikan di Indonesia.

Semboyan yang digunakan yaitu "Ing Ngarsa Sung Tuladha", yang memiliki arti bahwa seorang pemimpin harus bisa menjadi suri tauladan untuk orang-orang yang berada di sekelilingnya.

"Ing Madya Mangun Karsa" mempunyai arti yaitu meningkatkan semangat, "Tut Wuri Handayani", yaitu berarti terdapat seseorang yang memberikan semangat dari belakang atau memberikan dorongan moral. Semboyan tersebut tentu memiliki makna yang sangat baik bagi pendidikan kita sampai saat ini. Bahkan hadirnya semboyan tersebut dapat mewarnai pendidikan di Indonesia.

Para pahlawan kita sudah susah payah untuk menimba ilmu di sekolah rakyat. Oleh karena itu, dengan kita yang sudah hampir tercukupi segala ketersediaan dalam belajar harus lebih baik dalam belajar dan mengajar di bidang pendidikan. Kita semua harus semangat dan rajin dalam menimba ilmu.

Bayangkan jika setiap guru dan siswa yang sudah mengerti dunia teknologi, dimanfaatkan dengan baik oleh setiap siswa dan masyarakat itu sendiri, maka akan menciptakan orang-orang yang kreatif, cerdas, dan berwawasan luas.

Marilah di hari pendidikan nasional ini kita renungkan dan mengheningkan cipta untuk para pejuang dan guru-guru kita yang sudah mendahului kita, betapa berharganya ilmu-ilmu yang mereka ajarkan kepada kita semua sehingga yang awalnya tidak mengetahui apa-apa menjadi lebih tahu segalanya.

Marilah kita jadikan Hardiknas tahun ini sebagai awal yang baru untuk diri kita sendiri dalam belajar dan mengajar agar tidak ada lagi kebodohan serta ketidaktahuan akan pendidikan.

Demikian pidato saya, mohon dimaafkan jika terdapat kekurangan dan kepada sang pencipta kita, saya mohon diampunkan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3 dari 6 halaman

Contoh Pidato Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) (2)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati bapak/ibu kepala sekolah,

Yang saya hormati bapak serta ibu guru,

Yang saya cintai dan saya banggakan seluruh teman-temanku yang hadir di sini.

Alhamdulillah puji syukur atas karunia Allah yang Mahakuasa atas segala limpahan rahmatnya kepada kita sehingga warga sekolah (...) bisa melaksanakan peringatan Hari Pendidikan Nasional di tahun ini tanpa suatu halangan apa pun.

Selawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda Nabi Muhammad saw. dan selalu kita nantikan syafaatnya di hari akhir.

Hadirin yang saya hormati,

Pada hari ini tepat tanggal 2 Mei 2023 kita bersama-sama memperingati Hari Pendidikan Nasional atau yang sering kita sebut Hardiknas. Perlu kita ketahui bersama apa sejarah diperingatinya Hardiknas ini? Tentu kita yang belum tahu ingin tahu bagaimana sejarahnya Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setipa tanggal 2 Mei. Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei yang berbarengan dengan kelahiran Ki Hadjar Dewantara.

Sebagai pelajar yang baik tentunya kita kenal dong dengan Bapak Pendidikan, beliau adalah Ki Hadjar Dewantara. Mengapa kok hanya Ki Hadjar Dewantara yang disebut sebagai Bapak Pendidikan? Karena kiprah dan jasa beliau di dunia pendidikan begitu besar, sejarah mengatakan bahwa lembaga taman siswa itu didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Hadirin yang berbahagia,

Apa makna Hari Pendidikan Nasional bagi kita terutama pelajar? Makna dari Hari Pendidikan Nasional sangat berarti bagi kita semua. Yang pertama, dengan adanya peringatan Hari Pendidikan Nasional diharapkan kita bisa bertambah semangat untuk mencari ilmu karena ilmu itu sangat penting bagi kita untuk masa depan.

Yang kedua, dengan adanya peringatan Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita akan sejarah pendidikan di Indonesia tempo dulu. Yang selanjutnya mengingatkan kita bahwa ada sosok yang sangat berpartisipasi dalam dunia pendidikan yaitu Bapak Ki Hadjar Dewantara.

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4 dari 6 halaman

Contoh Pidato Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) (3)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia ini mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini tanpa ada suatu halangan apa pun.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada saudara-saudara yang telah hadir dalam acara peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema "Pendidikan bagi Generasi Muda Bangsaku". Hari yang bersejarah tepatnya pada tanggal 2 Mei, patut kita kenang. Hari Pendidikan Nasional adalah masalah yang sangat penting, khususnya bagi para pelajar.

Sebagai warga negara Indonesia hendaklah mengetahui bahwa Hari Pendidikan Nasional itu tidak hanya diperingati oleh jenjang pendidikan tingkat tinggi. Namun, dari jenjang pendidikan tingkat dasar pun ikut memeriahkannya.

Sebagai generasi penerus haruslah sadar tentang pendidikan karena tujuan utama pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kalau kita amati dengan saksama, pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian khusus.

Tanpa pendidikan, generasi muda tidak mungkin bisa cerdas dan tidak pula siap mengganti generasi tua.

Lembaga pendidikan dibuka secara luas atau tempat pendidikan baik formal maupun nonformal telah menjamur di mana-mana, tinggal kemauan kita.

Apabila kita giat menuntut ilmu maka cita-cita akan tercapai, keberhasilan akan kita peroleh dengan gemilang, akan jadi pemuda yang siap meneruskan pembangunan ini.

Namun, sebaliknya bila kita malas menuntut ilmu padahal ada kesempatan belajar, rasa penyesalan akan kita rasakan di masa mendatang.

Dari penyampaian pidato saya kali ini dapat diambil kesimpulan bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban kita sebagai pelajar, dengan ilmu kita dapat sukses di masa yang akan datang dan dengan ilmu pula, kita sebagai generasi penerus bangsa akan dapat membangun bangsa Indonesia tercinta ini untuk menjadi yang lebih baik.

Dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei, mari kita ambil hikmahnya untuk meningkatkan semangat belajar kita dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tak lupa kita senantiasa berdoa semoga tokoh pendidikan Nasional kita, Ki Hadjar Dewantara yang telah wafat mendahului kita dibalas jasa-jasa beliau oleh Allah Swt.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

5 dari 6 halaman

Contoh Pidato Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) (4)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan segala nikmat untuk kita sehingga kita dapat berkumpul ditempat yang mulia ini.

Selawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad saw. kepada keluarganya, para sahabatnya dan kepada kita selaku umatnya. Alhamdulillah pada hari ini, tanggal 2 Mei kita semua memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Hari Pendidikan Nasional hari ini berawal dari seorang guru bangsa yang senantiasa memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi dunia pendidikan Indonesia, beliau adalah Ki Hajar Dewantara.

Ki Hadjar Dewantara adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan.

Taman siswa, sebuah lembaga pendidikan pertama yang ada di Indonesia. Beliau selalu menjadi motivasi, inspirasi, dan teladan khususnya bagi para guru dan pelajar umumnya bagi dunia pendidikan.

Seiring berjalannya waktu, dunia pendidikan pun makin perkembangan dan makin maju. Di mana ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan sekarang ini. Kita dapat menerima banyak informasi dengan sangat cepat dan mudah. Begitu pula dengan komunikasi, bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.

Seperti yang kita ketahui, satu di antara sumber belajar tercanggih adalah internet. Informasi di seluruh dunia dengan mudah dapat kita ketahui termasuk informasi dalam bidang pendidikan.

Kita dapat mengetahui sumber-sumber informasi, baik berupa perpustakan online, e-learning, ataupun artikel-artikel yang dapat menambah pengetahuan kita.

Kita para pelajar sebagai satu di antara yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet selain lebih cepat mendapatkan informasi kita juga dapat menciptakan budaya membaca. Dengan demikian, proses pelajar kita bisa lebih cepat, mudah, dan menciptakan generasi yang berprestasi.

Saya pun berharap di Hari Pendidikan Nasional ini, dengan perkembangan teknologi yang makin maju, semoga negeri ini bisa lebih maju khususnya dalam bidang pendidikan karena dengan pendidikan yang lebih maju, negeri ini akan lebih meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu bersaing dengan negara lain, dan siswa-siswi pelajar indonesia dapat termotivasi untuk belajar dan menjadi generasi berprestasi.

Demikian yang saya dapat sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

6 dari 6 halaman

Contoh Pidato Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) (5)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak/Ibu kepala sekolah, yang saya hormati Bapak/Ibu guru dan rekan-rekan semuanya, serta siswa-siswa semuanya yang saya sayangi.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua yang berada di sini sehingga kita bisa melaksanakan peringatan Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional.

Selawat dan salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. yang selalu kita harapkan syafaatnya kelak di hari akhir.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Hari ini, tanggal 2 Mei, kita bersama-sama melaksanakan peringatan hari pendidikan nasional atau Hardiknas. Di Hari Pendidikan Nasional ini, apakah kalian tahun sejarah Hardiknas tanggal 2 Mei?

Jadi, Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei diperingati ini berbarengan dengan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara, yakni tanggal 2 Mei 1889.

Sebagai pelajar, tentunya kita perlu tahu Ki Hajar Dewantara yang dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Lantas, Mengapa Ki Hajar Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional? Hal ini dikarenakan jasanya di bidang pendidikan yang begitu besar. Bahkan, sejarah menuliskan bahwa lembaga taman siswa di Yogyakarta dibangun oleh Ki Hajar Dewantara.

Hadirin sekalian yang berbahagia, apa makna Peringatan Hari Pendidikan Nasional, terutama pelajar?

Hari Pendidikan Nasional ini memiliki makna sangat berarti. Adapun satu di antara makna digelarnya peringatan Hari Pendidikan Nasional ini diharapkan semangat pelajar dalam mencari ilmu makin bertambah karena ilmu sangat penting untuk masa depan.

Makna lainnya dilaksanakan peringatan Hari Pendidikan Nasional ini untuk mengingatkan kita tentang sejarah pendidikan yang ada di Indonesia pada masa dulu. Ini juga mengingatkan kita akan sosok yang sangat menginspirasi dalam dunia pendidikan yakni Bapak Ki Hajar Dewantara.

Hadirin sekalian yang saya sayangi,

Demikian pidato yang saya sampaikan dan semoga bermanfaat. Saya akhiri, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer