Sukses


8 Penyebab Muka Gatal yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Muka gatal merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Sensasi gatal yang timbul di wajah dapat sangat mengganggu, terutama jika kita terus menggaruknya.

Ada beberapa penyebab muka gatal yang perlu kita ketahui agar dapat mengatasi masalah ini. Satu di antara penyebab umum muka gatal adalah alergi.

Beberapa orang memiliki kepekaan terhadap zat tertentu, seperti debu, serbuk sari, bulu hewan, atau bahan kimia. Kontak langsung dengan zat alergen ini dapat menyebabkan reaksi alergi, termasuk gatal di muka.

Selain itu, kondisi kulit yang kering dapat menjadi penyebab muka gatal. Kulit yang kekurangan kadar air atau kelembapan dapat mudah mengalami iritasi dan gatal.

Kondisi ini sering terjadi pada musim yang dingin atau di lingkungan yang kurang lembap. Sebagai langkah pencegahan, kita perlu menghindari faktor-faktor penyebab yang bisa memicu muka gatal. 

Berikut beberapa penyebab muka gatal yang perlu diwaspadai, Senin (6/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Muka Gatal

1. Alergi

Satu di antara penyebab utama muka gatal adalah alergi. Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap bahan asing yang masuk ke tubuh, seperti serbuk sari, debu, atau makanan tertentu. Muka gatal dapat menjadi gejala dari alergi ini.

2. Polusi udara

Paparan polusi udara yang tinggi dapat menyebabkan muka gatal. Partikel polutan seperti debu, asap kendaraan, atau zat kimia dapat merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan iritasi sehingga menyebabkan rasa gatal di muka.

3. Gangguan kulit

Beberapa gangguan kulit, seperti dermatitis seboroik atau eksim, dapat menyebabkan muka gatal. Gangguan kulit ini biasanya disebabkan oleh ketakseimbangan minyak di kulit atau kelembapan yang tidak cukup.

3 dari 4 halaman

Penyebab Muka Gatal

4. Kulit kering

Kulit yang kering dapat menjadi satu di antara penyebab muka gatal. Ketika kulit kehilangan kelembapan alami, lapisan kulit terluar menjadi kering dan pecah-pecah, menyebabkan rasa gatal yang tidak nyaman.

5. Sabun atau kosmetik yang iritatif

Penggunaan sabun atau kosmetik yang mengandung bahan iritatif dapat menyebabkan muka gatal. Bahan kimia yang kasar atau penggunaan bahan tertentu yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan iritasi dan gatal di muka.

6. Stres

Stres dapat memengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh. Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan kulit, termasuk muka gatal.

4 dari 4 halaman

Penyebab Muka Gatal

7. Cuaca ekstrem

Paparan sinar matahari yang berlebihan atau suhu dingin yang ekstrem juga dapat menyebabkan muka gatal.

Sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit, sedangkan suhu dingin yang ekstrem dapat mengeringkan kulit, keduanya dapat memicu rasa gatal.

8. Reaksi obat

Beberapa obat atau suplemen tertentu dapat menyebabkan alergi atau reaksi kulit yang menyebabkan muka gatal.

Jika muka gatal muncul setelah mengonsumsi obat tertentu, segera konsultasikan dengan dokter untuk menghindari efek samping yang lebih buruk.

 

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer