Sukses


Mitos Cabut Uban Satu, Tumbuh Seribu

Bola.com, Jakarta - Mitos cabut uban satu, tumbuh seribu adalah ungkapan yang sering digunakan untuk menyatakan bahwa jika kita mencabut satu uban dari kepala maka akan tumbuh banyak uban yang baru. Namu, apakah mitos ini benar adanya? Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya.

Uban adalah rambut yang berwarna putih atau abu-abu, biasanya diakibatkan oleh penurunan kadar melanin dalam rambut. Produksi melanin berkurang seiring bertambahnya usia sehingga rambut menjadi berubah warna menjadi putih atau abu-abu.

Mitos cabut uban satu, tumbuh seribu sebenarnya tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat.

Ketika kita mencabut uban, kita hanya menghilangkan rambut yang sudah ada. Namun, cabut uban tidak akan mempengaruhi produksi melanin atau pertumbuhan rambut baru. Proses pertumbuhan rambut baru ditentukan oleh sel-sel di akar rambut, bukan karena pengaruh pencabutan uban.

Selain itu, produksi melanin di folikel rambut dipengaruhi oleh faktor genetik, hormonal, dan lingkungan.

Jadi, walau kita mencabut satu uban, tidak akan ada jaminan bahwa uban-uban tersebut tidak akan tumbuh lagi. Kebanyakan orang akan terus mengalami peningkatan jumlah uban seiring bertambahnya usia.

Agar lebih paham lagi, berikut mitos uban satu, tumbuh seribut menurut berbagai pandangan, Senin (6/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mitos Cabut Uban Satu, Tumbuh Seribu menurut Primbon

Dalam Primbon Jawa, terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa jika kita mencabut uban satu maka akan tumbuh seribu. Mitos ini berkembang di masyarakat karena dipercaya sebagai pertanda keberuntungan.

Menurut Primbon, uban yang tumbuh sebagai gantinya melambangkan rezeki dan umur panjang.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang percaya dengan mitos ini. Mereka memercayai bahwa dengan mencabut uban, mereka akan mendapatkan rezeki yang melimpah dan kesehatan yang baik.

Beberapa bahkan memiliki ritual khusus yang dilakukan ketika mencabut uban, seperti mengucapkan doa agar rezeki dan umur panjang selalu menghampiri.

Namun, mitos ini sebenarnya hanya berasal dari kepercayaan dan belum memiliki dasar ilmiah yang kuat. Faktanya, uban adalah hasil dari proses alami penuaan dan tidak berhubungan dengan pertumbuhan rambut baru.

Memang benar, setelah mencabut uban, biasanya ada uban baru yang tumbuh. Namun, jumlahnya tidak akan mencapai seribu atau jumlah yang fantastis.

Mitos cabut uban satu, tumbuh seribu adalah cerminan dari kepercayaan spiritual dan optimisme masyarakat. Kendati tidak terbukti secara ilmiah, mitos ini meyakinkan orang-orang bahwa ada keberuntungan yang akan datang jika mereka melakukannya.

Tetap saja, setiap orang memiliki kebebasan untuk memercayai atau tidak kepada mitos ini.

3 dari 3 halaman

Penjelaan Medis tentang Mencabut Uban

Proses mencabut uban dalam konteks medis adalah tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan uban atau rambut yang telah berubah menjadi putih.

Uban merupakan proses alami penuaan yang terjadi ketika melanosit, sel yang menghasilkan pigmen warna rambut, tidak lagi mampu memproduksi cukup melanin.

Pemilihan untuk mencabut uban bisa dilakukan demi alasan kosmetik atau karena uban yang tumbuh pada area tertentu menyebabkan rasa tidak nyaman.

Dalam konteks medis, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mencabut uban, tergantung pada keadaan pasien.

Beberapa metode meliputi penggunaan alat untuk mencabut langsung uban tersebut, seperti dengan pinset atau menggunakan alat laser yang dapat secara permanen menghilangkan uban dengan merusak folikel rambut.

Penggunaan obat topikal seperti minoxidil juga dapat digunakan untuk mengatasi pertumbuhan uban yang berlebihan. Selain itu, prosedur medis seperti pewarnaan rambut merupakan opsi untuk menyamarkan penampilan uban.

Sebelum melakukan tindakan mencabut uban, konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli medis atau dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi rambut dan kulit kepala serta prosedur yang paling sesuai.

Penting untuk memahami bahwa mencabut uban adalah tindakan kosmetik dan mungkin tidak memberikan hasil yang permanen.

Selain itu, perlu diingat bahwa terdapat risiko potensial terkait dengan setiap tindakan medis, oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan dan mengikuti petunjuk setelah melakukan tindakan mencabut uban.

 

Yuk, baca artikel mitos lainya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer