Sukses


5 Contoh Teks Argumentasi yang Bisa Jadi Bahan Belajar

Bola.com, Jakarta - Teks argumentasi adalah karangan mengenai pendapat atau alasan penulis untuk membuktikan kebenaran dari suatu hal.

Data dan fakta yang disajikan dalam teks argumentasi mencakup hasil penelitian, data, teori, pendapat dari ahli, dan yang lainnya. Tak heran, teks argumentasi kerap dijadikan sebagai landasan dalam teks debat.

Jenis teks ini menyajikan suatu bentuk retorika yang berusaha memengaruhi sikap atau pendapat orang lain.

Dengan begitu, teks argumentasi bukan hanya omong kosong atau opini dari si penulis saja. Pembaca akan merasa yakin hingga pada akhirnya sependapat dengan sang penulis.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami contoh teks argumentasi pada artikel ini.

Berikut lima contoh teks argumentasi yang bisa jadi bahan belajar, Senin (6/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pesona Pariwisata Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan satu di antara provinsi di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar.

Provinsi ini terletak di bagian timur Indonesia dan terdiri dari beberapa pulau, di antaranya Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, dan Pulau Alor.

Taman Nasional Komodo merupakan satu di antara destinasi wisata paling populer di NTT. Taman nasional ini merupakan rumah bagi komodo, kadal terbesar di dunia.

Selain komodo, Taman Nasional Komodo memiliki berbagai flora dan fauna lainnya, termasuk berbagai jenis burung, ikan, dan tumbuhan.

Lalu, ada Desa Wae Rebo merupakan desa adat yang terletak di Kabupaten Manggarai, NTT. Desa ini terkenal dengan rumah adatnya yang berbentuk kerucut dan terbuat dari bambu.

Desa Wae Rebo juga memiliki budaya yang unik dan masih terjaga hingga saat ini. Selain destinasi wisata yang disebutkan di atas, NTT masih memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Provinsi ini menawarkan berbagai pilihan wisata, dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata bahari.

3 dari 6 halaman

Ubi Jalar

Ubi jalar dapat menjadi sumber pangan alternatif yang baik untuk masyarakat Indonesia.

Ubi jalar dapat ditanam di berbagai jenis tanah dan iklim sehingga dapat menjadi sumber pangan yang berkelanjutan.

Ubi jalar dapat diolah menjadi berbagai macam makanan sehingga dapat menjadi sumber pangan yang lebih beragam.

Ubi jalar dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti ubi jalar goreng, ubi jalar rebus, ubi jalar kukus, ubi jalar tumbuk, ubi jalar panggang, ubi jalar keju, ubi jalar isi, dan masih banyak lagi.

Ubi jalar juga dapat diolah menjadi berbagai macam minuman, seperti susu ubi jalar, jus ubi jalar, dan teh ubi jalar.

4 dari 6 halaman

Kapan Pendidikan Gratis Terwujud

Pendidikan gratis hanya janji yang bergema luas saat kampanye dan pemilihan pimpinan daerah maupun pusat. Saat pemilihan usai, akan lain ceritanya. Anak-anak miskin di kota, desa, dan pedalaman tetap mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan yang layak.

Di perkotaan sekolah berlomba-lomba meningkatkan sarana dan prasarana dengan jalan menaikkan pungutan dengan dalil sumbangan pendidikan, uang gedung, dan lain-lain karena biasanya masyarakat perkotaan lebih memilih sekolah yang mempunyai sarana pendidikan yang baik sehingga mereka tidak akan segan untuk membayar mahal demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Sebaliknya di pinggiran kota, pedesaan, dan pedalaman, sekolah tidak bisa mengenakan pungutan kepada orang tua siswa karena tidak ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. Para siswa harus puas dengan kondisi fasilitas pendidikan.

5 dari 6 halaman

Kemacetan di Jakarta

Kemacetan di Jakarta telah mencapai tahap yang memprihatinkan. Setiap pagi, jejeran kendaraan roda empat maupun roda dua memenuhi setiap jalan di Jakarta.

Bahkan, bukan hanya pagi hari saja, sore hari pun jalan-jalan di Jakarta akan mengalami penumpukan kendaraan.

Kurangnya minat pengguna jalan untuk memilih transportasi umum menjadi satu di antara penyebabnya. Mereka lebih memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi daripada naik kendaraan umum.

Selain itu, jumlah kendaraan yang selalu meningkat setiap tahun tidak diimbangi dengan perluasan jalan-jalan di Jakarta. Akibatnya, kemacetan di Jakarta mencapai tahap yang sangat memprihatinkan.

6 dari 6 halaman

Kesadaran Buang Sampah

Kesadaran masyarakat tentang menjaga kebersihan sampah memang terbilang minim. Banyak tragedi kebanjiran di daerah kota padat yang disebabkan tersumbatnya saluran pembuangan air atau selokan oleh setumpukan sampah dari hasil pembuangan masyarakat.

Dapat kita lihat di sungai yang berada di terutama daerah yang padat penduduk sampah menghiasi pinggiran sungai hingga memupuk dan sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi warga sekitar.

Bahaya membuang sampahnya sembarang di sungai tidak hanya itu sampah juga merupakan sumber penyakit karena kuman-kuman yang berada di sampah dapat membawa penyakit bagi tubuh.

Sudah sewajarnya kita perduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang apalagi di sungai.

 

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer