Sukses


9 Cara Mengatasi Dehidrasi yang Bisa Dicoba

Bola.com, Jakarta - Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak air dibandingkan dengan asupan yang diterimanya.

Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup cairan yang diperlukan untuk berfungsi dengan baik.

Dehidrasi dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan, dari mengganggu fungsi organ-organ penting hingga memicu berbagai penyakit.

Maka itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi dehidrasi. Meningkatkan asupan air adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi dehidrasi.

Minumlah setidaknya delapan gelas air per hari atau lebih, tergantung pada kebutuhan tubuh dan intensitas aktivitas fisik. 

Perhatikan juga kondisi lingkungan sekitar kita. Jika berada di daerah yang panas atau sedang beraktivitas fisik yang intens, penting untuk menjaga suhu tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Beristirahatlah dengan cukup, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan, dan gunakan pakaian yang nyaman.

Dengan memahami cara mengatasi dehidrasi, kita bisa segara mencegahnya agar tidak menjadi lebih parah.

Berikut sembilan cara mengatasi dehidrasi yang bisa kamu coba, Jumat (10/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Dehidrasi

1. Minum air secukupnya

Minum air adalah langkah yang paling penting dalam mengatasi dehidrasi. Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Jika sedang mengalami dehidrasi, minumlah air dalam jumlah yang lebih banyak untuk mengganti cairan yang hilang.

2. Konsumsi minuman isotonik

Minuman isotonik mengandung elektrolit dan gula yang dapat membantu mengganti elektrolit dan cairan yang hilang akibat dehidrasi.

Minuman ini dapat lebih cepat menyerap ke dalam tubuh dibandingkan dengan air biasa.

3. Mengonsumsi buah-buahan segar

Buah-buahan mengandung air dan elektrolit alami yang dapat membantu menghidrasi tubuh.

Buah-buahan seperti semangka, jeruk, dan mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi dehidrasi.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Dehidrasi

4. Hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein

Minuman yang mengandung alkohol atau kafein dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut. Hindarilah minuman seperti kopi, teh, atau minuman berenergi jika sedang mengalami dehidrasi.

5. Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung air

Selain minuman, makanan juga dapat membantu mengatasi dehidrasi. Konsumsilah makanan yang mengandung air tinggi seperti sup, buah-buahan, sayuran segar, atau yoghurt.

6. Beristirahat dan mengurangi aktivitas fisik

Terlalu banyak beraktivitas fisik saat mengalami dehidrasi dapat memperburuk gejalanya. Beristirahatlah dan hindari aktivitas fisik yang berat hingga tubuh kembali mencukupi kebutuhan cairannya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Dehidrasi

7. Gunakan selimut dingin

Jika mengalami dehidrasi akibat demam, mengompres tubuh dengan selimut dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan mengurangi kehilangan cairan dari keringat.

8. Hindari makanan pedas atau berlemak

Makanan pedas atau berlemak dapat menyebabkan perut lebih mudah terasa kembung dan diare, yang dapat memperburuk dehidrasi. Pilihlah makanan ringan dan mudah dicerna saat mengalami dehidrasi.

9. Konsultasikan dengan dokter

Jika dehidrasi berlangsung dalam waktu yang lama atau gejalanya semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter.

Dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat untuk mengatasi dehidrasi, terutama jika dehidrasi disebabkan oleh suatu kondisi medis.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer