Sukses


Apa Itu Dialog? Ketahui Ciri, Jenis, dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Dialog adalah bentuk komunikasi yang melibatkan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi untuk saling bertukar informasi, gagasan, atau pendapat.

Dalam dialog, setiap pihak memiliki kesempatan untuk berbicara dan mendengarkan dengan tujuan mencapai pemahaman yang lebih baik.

Dialog biasanya dilakukan secara lisan, walau dapat juga dilakukan secara tertulis.

Secara keseluruhan, dialog adalah proses komunikasi yang melibatkan saling mendengarkan, memahami, dan memberikan respons antara dua atau lebih orang.

Dialog juga merupakan sarana untuk mencapai pemahaman bersama, memecahkan masalah, serta mempererat hubungan antarindividu atau kelompok.

Dialog dapat berlangsung dalam berbagai konteks, seperti di lingkungan sekolah, tempat kerja, atau dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu dialog. Berikut rangkuman tentang dialog yang menambah ilmu atau wawasan, Rabu (15/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri Dialog

Suatu karya yang mengandung dialog tentu memiliki ciri yang membedakannya dengan jenis-jenis tulisan lainnya. Ciri-ciri dialog di antaranya sebagai berikut:

  • Melibatkan lebih dari satu orang, tidak dilakukan sendiri, tetapi ada beberapa pelaku yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam percakapan tersebut.
  • Ada tanya jawab di antara pihak-pihak yang terlibat dalam dialog.
  • Dialog bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.
  • Membahas suatu topik.
  • Saling mengerti atau berbicara dalam bahasa yang sama.
  • Saling mendengarkan.
3 dari 4 halaman

Jenis Percakapan

Selain dialog, ada lagi beberapa jenis percakapan dalam suatu karya tulis atau drama. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan fungsinya masing-masing.

Dijelaskan dari sebuah dokumen berjudul, 'Manfaat dan Syarat Dialog oleh Sayyid Abdurrahman Archel', berikut adalah jenis-jenis percakapan:

  • Monolog

Monolog merupakan percakapan seorang pemain dengan dirinya sendiri. Apa yang diucapkan oleh pemeran tersebut tidak ditunjukkan kepada orang lain.

Biasanya, isi dari monolog adalah ungkapan dari perasaan, rencana yang akan dilaksanakan, sikap terhadap suatu kejadian, dan hal-hal lainnya.

  • Prolog

Prolog adalah bagian naskah yang ditulis pengarang pada awal cerita. Pada dasarnya, prolog merupakan pengantar naskah yang bisa berisi satu atau beberapa keterangan dari pengarang cerita.

  • Epilog

Epilog adalah bagian penutup pada karya sastra yang fungsinya menyampaikan intisari cerita atau menafsirkan maksud dari karya tersebut.

Epilog juga dapat diartikan sebagai pidato singkat pada akhir cerita yang memuat komentar tentang karya tersebut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Dialog

Dialog dalam karya tulis atau drama memiliki banyak manfaat untuk mendukung berjalannya suatu cerita. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dialog:

  • Menggambarkan watak tokoh-tokoh dalam cerita.
  • Mengembangkan plot dan menjelaskan isi cerita kepada pembaca atau penonton.
  • Memberikan isyarat suatu peristiwa yang mendahuluinya.
  • Memberikan isyarat suatu peristiwa yang akan datang.
  • Memberikan komentar terhadap peristiwa yang terjadi di dalam cerita.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer