Sukses


Masuk Kalender PBSI, Pendaftaran Turnamen Bulutangkis Nasional FISIP UI Open 2024 Resmi Dibuka

Bola.com, Jakarta - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) untuk ke-8 kalinya menggelar Turnamen Bulutangkis FISIP UI Open. Namun, ada perbedaan antara penyelenggaraan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, mulai tahun 2024 ini, FISIP UI Open telah resmi masuk ke dalam kalender nasional Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Hal ini menjadikan FISIP UI sebagai Perguruan Tinggi pertama dan satu-satunya yang menyelenggarakan turnamen bulutangkis tingkat swasta nasional. Dengan menjadi turnamen swasta nasional, FISIP UI Open akan memiliki sistem poin ranking, di mana atlet yang bertanding berkesempatan memperbaiki rankingnya di tingkat nasional.

Saat ini, pendaftaran peserta untuk mengikuti kejuaraan FISIP UI Open yang akan berlangsung pada 19-26 Juni 2024 di Balairung Universitas Indonesia ini telah dibuka, dan akan ditutup pada 12 Juni 2024.

Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna mengatakan, "Penyelenggaraan turnamen FISIP UI Open menambah ragam kompetisi olahraga bulutangkis di tanah air. Terutama setelah menjadi bagian dari kalender PBSI, FISIP UI Open menjadi ajang bulutangkis bergengsi yang tidak saja berpotensi melahirkan atlet beprestasi, tetapi juga memperluas kiprah FISIP UI dalam pengembangan olah raga di tanah air, khususnya olahraga bulutangkis."

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mandat Universitas

Sementara itu, menurut Dekan FISIP UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, "Mandat universitas adalah mengembangkan bakat dan minat anak muda, tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan, tapi juga di bidang seni dan olahraga. Melalui FISIP UI Open, kami berharap dapat berkontribusi dalam mengembangkan olahraga bulutangkis nasional di tanah air dan melahirkan bibit-bibit unggul yang kelak akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional."

Kabid Turnamen dan Perwasitan PP PBSI, Mimi Irawan, juga mengatakan, "Selaku PBSI, kami berharap, FISIP UI ini bisa berkesinambungan karena melalui jalur yang lebih fokus kepada sekolah-sekolah, kalo PBSI kan lebih kepada umum, klub-klub bulutangkis, yang pembinaan tentunya, karena kita kan tentunya mencari bibit pemain."

Menargetkan jumlah peserta lebih dari 1.000 dari seluruh Indonesia, FISIP UI Open akan mempertandingkan 23 nomor pertandingan, terdiri dari tunggal putra/putri, Ganda putra/putri dan ganda campuran, mulai dari kelompok usia dini (U-11), anak (U-13), pemula (U-15), Remaja (U-17) taruna (U-19) dan dewasa (>19), dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp 179 juta. Calon peserta dapat mendaftar melalui https://si.pbsi.so.id.

 

3 dari 3 halaman

Olahraga Menunjang Akademik

Selain menyiapkan turnamen dengan sangat serius dan sesuai dengan standar PBSI, panitia FISIP UI Open juga menyiapkan berbagai kegiatan untuk membuat suasana pertandingan lebih meriah, antara lain menyediakan area kuliner di sekitar Balairung dan berbagai spot yang instagramable.

FISIP UI Open 2024 bertujuan untuk memperkuat peran olahraga dalam lingkungan akademik dan meneguhkan posisi olahraga untuk menunjang perkembangan akademik. Kegiatan FISIP UI Open ini juga sesuai dengan visi dan misi dari FISIP UI untuk menjadi kampus yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

Saat berita ini dirilis, jumlah pendaftar FISIP UI Open Championships sudah berjumlah lebih dari 400 calon peserta.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer