Sukses


9 Cara Berdoa agar Diterima Sesuai Ajaran Islam

Bola.com, Jakarta - Berdoa merupakan satu di antara ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dengan berdoa, seseorang akan makin merasa dekat dengan Allah Swt. dan kehidupannya akan menjadi lebih baik.

Namun, tidak semua doa yang kita panjatkan akan langsung diterima oleh-Nya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara berdoa agar diterima sesuai ajaran Islam.

Pertama, sebelum berdoa, hendaknya kita membersihkan diri dan berwudu. Hal ini dilakukan supaya kita memperoleh kekhusukan dalam berdoa dan dapat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah. 

Selain itu, kita perlu memahami bahwa kita sebagai hamba harus rendah hati dalam berdoa. Allah Swt. adalah Mahakuasa dan Mahaagung, sedangkan kita hanya sebagai hamba yang lemah.

Itulah mengapa, kita harus meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui segala yang terjadi dalam hidup kita dan berserah diri sepenuhnya kepada-Nya.

Dengan mengikuti cara berdoa sesuai ajaran Islami, diharapkan doa kita dapat lebih dikabulkan oleh Allah Swt.

Berikut sembilan cara berdoa agar diterima sesuai ajaran Islam, Jumat (17/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Berdoa agar Diterima Sesuai Ajaran Islam

1. Niat yang ikhlas

Satu di antara hal yang penting dalam berdoa adalah memiliki niat yang ikhlas, yakni berdoa hanya untuk Allah Swt. semata dan bukan untuk memperlihatkan kepada orang lain.

2. Menghadap kiblat

Ketika berdoa, hendaknya kita menghadap kiblat, yaitu Ka'bah di Makkah. Ini adalah tanda ketakwaan kita kepada Allah Swt.

3. Melestarikan adab berdoa

Adab berdoa termasuk berdoa adalah berpakaian yang baik, berwudu dengan sempurna, menggunakan baju yang bersih, dan bukan di tempat kotor.

3 dari 4 halaman

Cara Berdoa agar Diterima Sesuai Ajaran Islam

4. Memuji dan mengagungkan Allah Swt.

Sebelum meminta atau berdoa penting bagi kita untuk mengagungkan nama Allah Swt. dan memuji kebesaran-Nya.

5. Berdoalah dengan kerendahan hati

Berdoa harus dilakukan dengan rendah hati, yaitu menyadari kelemahan dan keterbatasan kita sebagai hamba-Nya. Kita harus mengakui bahwa Allah Swt. adalah Pemberi segala sesuatu.

6. Menghindari perkataan yang sia-sia

Dalam berdoa, kita harus menghindari percakapan yang tidak perlu atau perkataan yang sia-sia karena hal ini dapat mengurangi keberkahan doa kita.

4 dari 4 halaman

Cara Berdoa agar Diterima Sesuai Ajaran Islam

7. Mengutamakan doa-do yang baik

Saat berdoa, kita harus mengutamakan doa-do yang baik dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun umat muslim secara umum.

8. Berdoa dengan keyakinan

Kita harus berdoa dengan keyakinan penuh bahwa Allah Swt. akan menerima doa kita karena Allah Swt. Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

9. Bersabar dan bersyukur

Terkadang, doa kita tidak segera dijawab. Oleh karena itu, kita harus bersabar dan tetap bersyukur kepada Allah Swt. atas segala karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer