Sukses


Digelar Bersamaan dengan HUT Kalimantan Tengah, UCI MTB Eliminator 2024 Bakal Lebih Meriah

Bola.com, Jakarta - Event UCI MTB Eliminator 2024 tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini diprediksi akan dihadiri ribuan masyarakat khususnya warga Palangka raya karena bertepatan dengan hari jadi Kalimantan Tengah yang ke-67.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengusulkan bahwa event UCI MTB Eliminator 2024 bisa disaksikan secara gratis karena bertepatan dengan hari jadi Provinsi Kalteng yang diperingati setiap tanggal 23 Mei.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka pada saat meninjau Sirkuit SG 1973 di kompleks Stadion Tuah Pahoe, Jumat (17/5/24)

"Momentumnya memang bersamaan dengan festival budaya Isen Mulang. Jadi seluruh warga Kalimantan Tengah sedang banyak berada di Kota Pelangka Raya."

"Jadi ini adalah dalam rangka event terbesar Provinsi Kalimantan Tengah menyambut hari ulang tahunnya. Lalu kebetulan berdekatan dengan pelaksanaan UCI. Mereka (festival) pada tanggal 18-24 Mei, kami tanggal 19 Mei," ungkap Rahmat.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Diikuti Puluhan Negara Eropa

UCI MTB Eliminator 2024 diikuti oleh 47 peserta dari berbagai negara dan mayoritas berasal dari Eropa. Sedangkan perwakilan dari Indonesia berjumlah 14 pembalap. Selain itu, ada pembalap top yang dipastikan akan ikut tahun ini, yaitu pembalap asal Jepang, Kohei Yamamoto.

"Jadi anggota UCI Itu sekitar 65 negara. Yang sudah memastikan hadir ada 45-47 negara," ungkap Rahmat.

Pada hari Jumat (17/5/24), beberapa pembalap terlihat sudah menjajal lintasan. Pada tahun ini tipe lintasan tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Namun ada beberapa tikungan dan tantangan yang dibuat lebih ekstrem dari pada tahun-tahun sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Perketat Kemanan

Karena diselenggarakan bertepatan dengan HUT Kalimantan Tengah, maka pihak keamanan mengerahkan setidaknya 600 personil gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI serta Satpol PP. Hal ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan penonton di hari pertandingan.

Dirpam Objek Vital Kalimantan Tengah, Kombes Pol Elijas Hendra menegaskan bahwa penyelenggaraan UCI MTB tahun ini sudah siap 100 persen.

"Kami sudah melaksanakan risk assessment, kemudian tadi juga sudah kami laksanakan pengecekan di sirkuit, kami ngecek dimana tempat-tempat rawan dan dari situ sudah kami siapkan bagaimana jalur evakuasi, kemudian berapa ambulans yang harus dipersiapkan oleh panitia sudah kami cek semua," ucap Kombes Pol Elijas Hendra.

4 dari 4 halaman

Ditonton secara Gratis

Event UCI MTB Eliminator World Bike 2024 bisa disaksikan secara gratis oleh para masyarakat sekitar. Hal ini sebagai bentuk suka cita karena bertepatan dengan HUT Kalimantan Tengah ke-67. Rahmat mengatakan setidaknya ada sekitar 5 ribu penonton yang akan hadir di komplek Stadion Tuah Pahoe nanti.

Video Populer

Foto Populer