Sukses


9 Hadis tentang Keutamaan Salat Duha yang Bisa Dipahami

Bola.com, Jakarta Salat Duha merupakan satu di antara ibadah sunah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Salat Duha dilakukan di pagi hari setelah terbitnya matahari hingga akhir waktu di seperempat siang menjelang Zuhur.

Ada banyak manfaat maupun keutamaan yang dapat kita peroleh dengan melaksanakan salat Duha. Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, salat Duha juga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental.

Untuk melaksanakan salat Duha, disarankan untuk melaksanakan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Secara keseluruhan, melaksanakan salat Duha merupakan satu di antara cara untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt.

Dengan memperbanyak salat Duha, semoga kita dapat mendapatkan berbagai manfaat baik dunia maupun akhirat.

Berikut sembilan hadis tentang keutamaan salat Duha yang bisa dipahami umat muslim, Rabu (22/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (1)

"Barang siapa salat Duha 12 rakaat maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (2)

"Barang siapa yang menjaga salat Duha maka dosa dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (3)

"Wahai anak Adam, rukuklah (salatlah) karena Aku pada awal siang (salat Duha) empat rakaat maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR. Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (4)

"Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah salatnya. Apabila benar (salatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan apabila rusak (salatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada salat wajibnya maka Allah berfirman, 'Perhatikanlah, jikalau hamba-Ku mempunyai salat sunah maka sempurnakanlah dengan salat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada salat wajibnya. Jika selesai urusan salat, barulah amalan lainnya." (HR. An-Nasa'i, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (5)

"Salat awwabin (salat orang yang kembali kepada Allah, yaitu salat Duha) dilaksanakan ketika anak unta mulai kepanasan." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (6)

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat Duha sebanyak empat rakaat dan menambah seperti yang dikehendaki oleh Allah." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (7)

"Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering melakukan salat Duha? Ia menjawab, Tidak, kecuali apabila beliau pulang dari safarnya." (HR. Muslim)

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (8)

"Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan salat Duha dua rakaat." (HR. Muslim)

Hadis tentang Keutamaan Salat Duha (9)

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumahku, kemudian beliau salat Duha delapan rakaat." (HR. Ibnu Hibban)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer