Sukses


Kumpulan Doa sebelum Melakukan Aktivitas

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa sebelum melakukan aktivitas merupakan tindakan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Islam, doa memiliki peranan yang sangat penting dalam menyatukan diri dengan Allah.

Dengan membaca doa sebelum melakukan aktivitas, kita memohon perlindungan dan petunjuk dari-Nya. Doa ini juga menjadi pijakan kita untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan besannya.

Doa ini juga merupakan wujud rasa syukur kita sebagai hamba Allah yang mendapatkan kesempatan untuk menjalani setiap hari dengan sebaik-baiknya.

Dalam doa tersebut, kita menyadari bahwa setiap aktivitas yang kita lakukan adalah amanah dari-Nya. Kita Berharap agar setiap langkah yang kita tempuh selalu dalam rida dan petunjuk-Nya.

Bacaan doa sebelum melakukan aktivitas juga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu melibatkan Allah dalam setiap aspek kehidupan.

Dengan membaca doa ini, kita meletakkan keyakinan kita bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Mendengar dan Maha Melihat. 

Berikut kumpulan doa sebelum melakukan aktivitas yang bisa dipanjatkan, Senin (27/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kumpulan Doa sebelum Melakukan Aktivitas

Doa Mohon Perlindungan

Pada saat umat muslim tiba di tempat kerja dan hendak memulai pekerjaan, hendaknya membaca doa memulai pekerjaan agar senantiasa dilindungi oleh Allah Swt.

Berikut bunyi doanya yang dapat kamu baca setiap harinya:

Allahumma innii as-aluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa'audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka 'alaakulli syaiin qadiir

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya."  

Doa saat Mengawali Pekerjaan

Setiap memulai pekerjaan, sebagai muslim kita disunahkan membaca doa agar diberikan kelancaran. Berikut bacaan doa Islam yang perlu kamu amalkan saat mengawali aktivitas:

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban, wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i 'umrii. Allahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka. Allahumma innii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-aluka na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu

Artinya: "Ya Allah, berilah kepadaku rezeki yang halal dan baik, serta pakaikanlah kepadaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezeki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

3 dari 3 halaman

Kumpulan Doa sebelum Melakukan Aktivitas

Doa Memohon Petunjuk Jalan yang Lurus

Setiap langkah manusia kadang berbelok dari jalan yang lurus. Inilah mengapa kita harus memohon kepada Allah agar senantiasa diberi petunjuk tetap di jalan kebenaran.

Berikut ini doa untuk memohon petunjuk jalan yang lurus, cocok diamalkan setiap hari.

Rabbanaa aatinaa minladunka rahmataw-wahayyi lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

Doa agar Diringankan Beban Hidupnya

Masih ada banyak doa untuk dibaca waktu pagi hari, termasuk doa memohon diringankan beban hidupnya. Dikutip dari Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 286, berikut doa dalam Islam supaya beban hidupmu diringankan oleh Allah Swt.:

Rabbana laa tuaa-khidzna innasiina au akhtho'na, rabbana wala tahmil 'alaina ishran kama hamaltahu 'alalladziina min qablina, rabbana wala tuhammilna ma la thooqatalanabih, wa'fu'anna waghfirlana warhamna, anta maulana fansurna 'alal qaumilkaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer