Sukses


8 Dalil Salat Berjemaah yang Bisa Diresapi Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Salat bukan hanya sekadar rutinitas ibadah saja, tetapi juga merupakan cara untuk berkomunikasi langsung dengan Allah Swt.

Praktik salat bisa sendiri, tetapi bagi setiap muslim dianjurkan berjemaah, terutama saat salat lima waktu.

Selain mendapatkan pahala yang besar, salat berjemaah membantu memperkuat ikatan antarsesama muslim dan meningkatkan kualitas ibadah.

Salat berjemaah adalah salat yang dilaksanakan bersama-sama minimal dua orang. Salat berjemaah dapat dilaksanakan di mana saja, baik di masjid, musala, maupun rumah.

Ada sejumlah dalil, baik hadis maupun ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan salat berjemaah.

Berikut delapan dalil salat berjemaah yang bisa diresapi umat muslim, Selasa (28/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil Salat Berjemaah

Dalil Salat Berjemaah (1)

وَإِذَا كُنتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَلْتَقُمْ طَآئِفَةٌ مِّنْهُم مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُوٓا۟ أَسْلِحَتَهُمْ فَإِذَا سَجَدُوا۟ فَلْيَكُونُوا۟ مِن وَرَآئِكُمْ وَلْتَأْتِ طَآئِفَةٌ أُخْرَىٰ لَمْ يُصَلُّوا۟ فَلْيُصَلُّوا۟ مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا۟ حِذْرَهُمْ وَأَسْلِحَتَهُمْ ۗ وَدَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ لَوْ تَغْفُلُونَ عَنْ أَسْلِحَتِكُمْ وَأَمْتِعَتِكُمْ فَيَمِيلُونَ عَلَيْكُم مَّيْلَةً وَٰحِدَةً ۚ وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِن كَانَ بِكُمْ أَذًى مِّن مَّطَرٍ أَوْ كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَن تَضَعُوٓا۟ أَسْلِحَتَكُمْ ۖ وَخُذُوا۟ حِذْرَكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ أَعَدَّ لِلْكَٰفِرِينَ عَذَابًا مُّهِينًا

Artinya: "Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan salat bersama-sama mereka maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (salat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat) maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu], dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu." (QS. An-Nisa: 102)

Dalil Salat Berjemaah (2)

"Salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian di rumah atau di tempat lain. Jika seseorang mengetahui pahala salat berjemaah, niscaya dia akan mendatanginya meskipun harus merangkak dengan tangan dan lutut." (HR. Bukhari, Muslim)

3 dari 4 halaman

Dalil Salat Berjemaah

Dalil Salat Berjemaah (3)

"Salat yang paling berat bagi orang munafik adalah salat Isya dan salat Subuh. Jika mereka mengetahui keutamaan salat berjemaah di kedua waktu itu, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak." (HR. Bukhari)

Dalil Salat Berjemaah (4)

"Barang siapa yang menunaikan salat berjemaah di masjid maka Allah akan menulis baginya pahala seperti pahala salat berjemaah sebanyak 27 kali lipat." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil Salat Berjemaah (5)

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya: "Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh. Sungguh, salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al Isra: 78)

4 dari 4 halaman

Dalil Salat Berjemaah

Dalil Salat Berjemaah (6)

"Barang siapa yang bersuci dengan baik, kemudian datang (ke masjid) di waktu yang baik, lalu dia ikut salat (berjemaah) dan mendengarkan maka dia mendapatkan pahala seperti salat semalam penuh." (HR. Muslim)

Dalil Salat Berjemaah (7)

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِيْنَ

Artinya: "Tegakkanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk." (QS. Al-Baqarah: 43)

Dalil Salat Berjemaah (8)

"Jika imam salat mengucapkan 'Ghoirul maghdhuu bi 'alaihim walad-dhoolliin', maka ucapkanlah, 'Aamiin'. Siapa yang ucapan aminnya bersamaan dengan aminnya malaikat, maka dosa-dosanya di masa lalu mendapat ampunan." (HR. Bukhari)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer