Sukses


24 Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kenaikan Kelas

Bola.com, Jakarta - Pengambilan rapor kenaikan kelas merupakan momen yang ditunggu–tunggu sekaligus menegangkan bagi kebanyakan orang.

Dalam rapor kenaikan kelas, berisi dereten nilai-nilai, daftar kehadiran dan ada juga catatan wali kelas.

Catatan wali kelas di rapor kenaikan kelas bisa berupa kalimat motivasi, pesan, dan kesan yang mampu meningkatkan semangat belajar. Catatan wali kelas di rapor kenaikan kelas juga berisi saran-saran guru terkait proses belajar siswa.

Kesimpulannya, catatan wali kelas di rapor kenaikan kelas berguna untuk evaluasi bagi peserta didik dan wali murid agar mereka lebih memahami apa yang harus diperbaiki di tahun pelajaran selanjutnya.

Buat Anda yang membutuhkan, berikut 24 contoh catatan wali kelas di rapor kenaikan kelas yang bisa jadi referensi, Senin (10/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kenaikan Kelas

1. "Perlu sedikit usaha lagi untuk meningkatkan prestasimu. Kamu bisa mencapainya dengan rajin belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, dan aktif di kelas."

2. "Teruslah pertahankan prestasimu dan banggakan kedua orang tuamu. Teruslah belajar tanpa mengenal istilah putus asa."

3. "Jangan patah semangat, Nak. Meski tidak masuk 15 besar, kamu sudah lebih baik dari semester sebelumnya. Tingkatkan belajar dan perbaiki kehadiran. Kamu pasti bisa mendapatkan hasil yang maksimal."

4. "Kehadiran yang tepat waktu di kelas sangat diharapkan. Disiplin waktu adalah kunci efektivitas belajar."

5. "Jangan menyerah, gali ilmu lebih dalam lagi dan selalu ingat cita-citamu yang keren itu."

6. "Pada semester ini kamu sudah mengalami banyak perubahan terutama dalam pengetahuan akademik. Ibu/Bapak harap kamu dapat terus mempertahankan dan meningkatkan prestasimu di semester berikutnya."

3 dari 5 halaman

Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kenaikan Kelas

7. "Kamu memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, tahun depan Ibu/Bapak yakin nilai kamu bisa lebih dari ini. Semangat (nama murid)!"

8. "Nilai akademis (nama siswa) sudah lebih baik dari sebelumnya. Namun, perlu diselingi kegiatan ekstrakurikuler agar lebih banyak bersosialisasi dengan teman-teman."

9. "Nilai harianmu sudah baik, mungkin saat ujian perlu dilakukan pengasahan kembali agar nilainya juga baik. Sayang bukan jika nilaimu jatuh saat ujian dan berdampak cukup besar bagi nilai rapotmu secara keseluruhan?"

10. "Prestasimu di semester ini sangatlah luar biasa. Kamu telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras yang luar biasa."

11. "Berani berbicara dan mengungkapkan pendapat itu adalah sesuatu yang hebat dan luar biasa."

12. "Kurangi keramaian di dalam kelas agar tidak mengganggu siswa lain dan proses pembelajaran. Fokus pada materi pelajaran yang berlangsung."

4 dari 5 halaman

Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kenaikan Kelas

13. "Selalu ingat kata pepatah, usaha keras tak akan pernah mengkhianati hasil. Semangat dalam belajarnya!"

14. "Tak ada kata terlambat untuk mengejar, segalanya di semester depan bisa terjadi. Jadi tetap semangat!"

15. "Jangan suka pesimistis, rajinlah belajar serta bersikaplah yang optimistis saat mengambil keputusan supaya kamu dapat menjadi orang yang sukses ke depannya."

16. "Rajinlah belajar agar kamu bisa sukses meraih harapan dan cita-citamu!"

17. "Teruslah berkarya dan berprestasi! Kamu adalah murid yang cerdas dan berbakat. Teruslah asah kemampuanmu dan jangan mudah puas dengan pencapaianmu saat ini."

18. "Ingatlah, setiap detik yang dilewatkan tidak akan pernah kembali. Gunakan waktu dengan bijak."

5 dari 5 halaman

Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kenaikan Kelas

19. "Kamu selalu mematuhi peraturan sekolah dan menghormati guru. Kamu adalah murid yang disiplin dan bertanggung jawab."

20. "Setiap kesalahan adalah peluang belajar. Jangan takut gagal, tetapi belajarlah dari kegagalannya."

21. "Selamat kamu dinyatakan naik kelas. Teruslah semangat dalam belajar dan raih cita-cita setinggi langit."

22. "Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Bapak/Ibu guru sangat yakin, meski saat ini kamu berada di peringkat terakhir. Untuk ke depannya, prestasimu dapat lebih baik lagi dengan rajin belajar dan tidak membolos."

23. "Selamat karena kamu telah menjadi peringkat 1 kelas. Berikan yang terbaik dalam pembelajaran dan jangan lupa ajari temanmu yang kesusahan."

24. "Kamu memiliki kemampuan yang baik, tetapi perlu lebih fokus saat belajar. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasimu dan cobalah untuk lebih disiplin dalam belajar."

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer