Sukses


Bacaan Doa ketika Terbangun pada Malam Hari

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan satu di antara ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Doa sering dijadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah Swt., mengungkapkan harapan, keinginan, maupun rasa syukur kepada-Nya.

Satu di antara momen yang sangat dianjurkan untuk berdoa adalah ketika terbangun pada malam hari.

Hal ini karena pada malam hari, lebih banyak waktu yang kita miliki untuk merenungkan dan memohon kepada Allah Swt. dalam hal ini saya akan membahas mengenai bacaan doa ketika terbangun pada malam hari.

Melalui doa, kita dapat menyampaikan rasa syukur atas karunia hidup yang telah diberikan kepada kita. Selain itu, doa juga merupakan sarana untuk mengungkapkan permohonan ampun, perlindungan, dan petunjuk dari Allah Swt.

Saat terbangun di malam hari, doa-doa tertentu dapat membantu kita meredakan kecemasan, stres, atau ketakutan yang mungkin muncul dalam pikiran.

Berikut bacaan doa ketika terbangun pada malam hari, Selasa (11/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa ketika Terbangun pada Malam Hari

Doa Malam Hari saat Terbangun dari Tidur Pertama

Bismikallahumma wadla'tu jambi, wa bika arfa'uhu, in amsakata nafsi faghfir laha, wa in radad taha fahfadha bima tahfadhu bihi akhadam minas shalihin.

Artinya:

"Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku baringkan tubuhku, dan dengan pertolongan-Mu, aku dapat bangun. Jika Engkau mencabut nyawaku, ampunilah. Namun, jika Engkau masih memberikanku nyawa, jagalah sebagaimana Engkau menjaga setiap orang-orang saleh."

Doa Malam Hari saat Terbangun dari Tidur Kedua

Alhamdulillahil ladzi 'afani fi jasadi wa radda 'alayya ruhi wa adzina li bi dzikrihi.

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah menjaga kesehatan ragaku, mengembalikan nyawaku, dan mengizinkanku menyebut nama-Nya."

Doa Malam Hari Memohon Perlindungan

Bismillahi laa yadlurru ma'asmihii syaiun fil ardli wa laa fis samaai wa huwas samii'ul 'aliim.

Artinya:

"Dengan nama Allah, yang tidak memudaratkan sesuatu yang ada di bumi dan tidak pula yang ada di langit jika beserta nama-Nya dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Ketika Terbangun Pada Malam Hari

Setelah mengetahui bacaan doa malam saat terbangun di tengah malam, Nabi Muhammad saw. menyarankan beberapa hal yang bisa umat muslim lakukan jika sering terbangun di malam hari.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Mengibaskan Tempat Tidur

Hal pertama yang bisa umat muslim lakukan selain membaca doa malam adalah dengan mengibaskan tempat tidur menggunakan kain sebanyak tiga kali.

Cara ini bertujuan untuk mencegah dari hal-hal yang buruk. Misalnya saja agar tidak ada hewan atau kotoran yang ada di tempat tidur.

Dengan begitu umat muslim bisa tidur dengan nyaman. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad saw berikut ini:

"Jika salah seorang di antara kalian terbangun dari tidurnya, kemudian ingin kembali (tidur) maka hendaknya ia mengibaskan tempat tidurnya dengan ujung kainnya tiga kali karena sesungguhnya ia tidak tahu apa yang ia tinggalkan setelah ia bangun."(HR. Tirmidzi)

Berzikir

Selain membaca doa malam, umat muslim juga dianjurkan untuk berzikir. Di mana saat kamu terbangun dari tidur maka banyaklah membaca zikir sampai kamu kembali tidur lagi. Bacaan zikir yang bisa kamu amalkan adalah sebagai berikut:

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai-in qadiir. Alhamdulillahi wa subhaanallah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah.

Artinya:

"Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang memiliki kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia berkuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah dan tidak ada tuhan kecuali Allah. Allah Mahabesar. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan (kuasa) Allah."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer