Sukses


5 Makna Kurban Iduladha bagi Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Hari Raya Iduladha merupakan satu di antara perayaan besar dalam Islam yang sarat dengan makna dan nilai-nilai spiritual. Satu di antara aspek yang paling menonjol dari perayaan ini adalah ibadah kurban.

Saat Iduladha, umat Islam di seluruh dunia beramai-ramai melakukan penyembelihan hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, kerbau, unta, dan sebagainya.

Bagi umat Islam, kurban bukan sekadar ritual penyembelihan hewan, tetapi merupakan simbol dari pengorbanan, keikhlasan, dan ketaatan kepada Allah Swt.

Seperti diketahui, kurban mengingatkan umat Islam pada kisah Nabi Ibrahim a.s. yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail a.s., sebagai bentuk ketaatan mutlak kepada perintah Allah Swt.

Makna kurban tak hanya berhenti di situ. Penting bagi umat muslim mengetahui makna ibadah kurban yang dilakukan.

Berikut makna ibadah kurban bagi umat muslim yang perlu diresapi, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Jumat (14/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Makna Kurban Iduladha bagi Umat Islam

1. Makna Rasa Syukur

Ketika melakukan ibadah kurban, kegiatan tersebut menjadi tanda rasa syukur kepada Allah Swt. atas segala nikmat kehidupan yang telah diberikan kepada kita.

Cara manusia bersyukur kepada Allah Swt. adalah dengan melakukan sesuatu yang diperintahkan dan menjauhi larangan-Nya.

2. Makna Ketakwaan

Dalam pelaksanaan kurban ada kriteria-kriteria tertentu dan aturan khusus yang harus dipatuhi oleh pekurban.

Supaya ibadah bisa terlaksana dengan baik dan dapat diterima oleh Allah Swt., tentunya kita perlu menaati aturan-aturan yang telah ditetapkan sebagai bentuk ketakwaan.

3 dari 4 halaman

Makna Kurban Iduladha bagi Umat Islam

3. Makna Kepedulian Sosial

Ibadah kurban memiliki dua dimensi pokok, selain berhubungan dengan Allah Swt. sebagai landasan iman dan ketakwaan, juga dengan sesama manusia sebagai bentuk kepedulian sosial.

Hal tersebut dikarenakan daging hasil kurban tidak hanya dikonsumsi diri sendiri melainkan sebagian besarnya dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

4. Makna Pengorbanan

Ketika melakukan ibadah kurban, tentunya kita perlu mengorbankan sebagian harta untuk membeli hewan kurban di mana hasil penyembelihannya akan dibagikan ke orang yang membutuhkan.

Dengan mau berkorban demi orang lain, seseorang bisa mengikis sifat-sifat buruk seperti kikir/pelit, iri, dan dengki di dalam dirinya.

4 dari 4 halaman

Makna Kurban Iduladha bagi Umat Islam

5. Makna Keikhlasan

Ibadah kurban pada dasarnya mencontoh keikhlasan Nabi Ibrahim ketika diuji oleh Allah Swt. untuk menyembelih putra tercintanya, Nabi Ismail yang pada akhirnya digantikan dengan seekor domba.

Dari peristiwa tersebut bisa dimaknai bahwa sebagai manusia kita harus tabah ketika diberikan ujian oleh Allah Swt. sehingga kita pada akhirnya bisa mendapatkan hasil yang positif.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar kurban lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer