Sukses


9 Contoh Perilaku Islami Sehari-hari yang Dapat Diteladani

Bola.com, Jakarta - Perilaku Islami sehari-hari adalah tingkah laku atau tindakan yang mencerminkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari kita.

Dalam Islam, tindakan dan perilaku baik memegang peranan penting. Setiap muslim diharapkan untuk menjadi contoh bagi orang lain dan menjalankan kehidupan yang Islami.

Saat menjalankan kehidupan sehari-hari, kita dapat mengambil contoh dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, para sahabat, dan tokoh-tokoh muslim lainnya.

Melalui contoh-contoh perilaku Islami yang baik, kita dapat meningkatkan hubungan kita dengan Allah Swt. dan pula dengan sesama makhluk-Nya.

Ada banyak contoh perilaku Islami yang dapat diteladani, termasuk berbuat baik terhadap sesama, menjaga kebersihan, berbagi rezeki dan mematuhi aturan-aturan Islam.

Masih ada beberapa contoh perilaku Islami sehari-hari yang dapat diteladani lainnya.

Berikut sembilan contoh perilaku Islami sehari-hari yang dapat diteladani, Rabu (19/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Islami Sehari-hari yang Dapat Diteladani

1. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan

Satu di antara contoh perilaku Islami sehari-hari yang dapat diteladani adalah menjaga kebersihan dan kerapihan. Sebagai seorang muslim, kita diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, baik di rumah maupun di tempat umum.

Menjaga kebersihan bukan hanya berarti membersihkan tempat tinggal dan memakai pakaian yang bersih, tetapi juga melibatkan sikap mental dan spiritual yang bersih dari dosa dan keburukan.

Selain itu, menjaga kerapihan yang mencakup rapih dalam berpakaian, merapikan barang-barang di sekitar kita, dan menata waktu dengan baik adalah juga contoh perilaku Islami yang bisa diteladani.

2. Bersikap Ikhlas dan Sabar

Perilaku Islami yang lainnya yang patut diteladani adalah bersikap ikhlas dan sabar. Seorang muslim sejati akan berusaha menjadi pribadi yang tawadhu (rendah hati) dan menerima dengan ikhlas segala cobaan yang diberikan oleh Allah Swt.

Bersikap ikhlas berarti menjalani setiap aktivitas sehari-hari dengan niat yang ikhlas semata-mata untuk membahagiakan Allah, bukan untuk pujian atau imbalan duniawi.

Selain itu, bersikap sabar dalam menghadapi segala ujian kehidupan merupakan contoh perilaku Islami yang penting. Sabar adalah sikap keyakinan bahwa Allah pasti akan memberikan jalan keluar yang terbaik, meski terkadang prosesnya sulit atau lama.

3. Berbuat Baik kepada Orang Lain

Contoh perilaku Islami sehari-hari lainnya adalah berbuat baik kepada orang lain. Sebagai seorang muslim, kita diajarkan untuk selalu berusaha menjadi pribadi yang tidak hanya peduli dengan diri sendiri, melainkan juga peduli dan membantu sesama.

Berbuat baik kepada orang lain dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti memberikan sedekah, memberi makanan kepada yang kelaparan, menyumbangkan pakaian kepada yang membutuhkan, atau bahkan hanya dengan memberikan senyum dan salam kepada setiap orang yang kita temui.

Mengutamakan kebaikan kepada yang lain juga mencakup menghindari perilaku yang menyakiti atau menyebabkan kesengsaraan bagi orang lain.

Dengan berbuat baik kepada orang lain, kita menjalankan prinsip dasar Islam yaitu menyebarkan kedamaian, keadilan, dan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Islami Sehari-hari yang Dapat Diteladani

4. Menghormati Orang Tua

Satu di antara contoh perilaku Islami yang dapat diteladani adalah menghormati orang tua. Islam menekankan pentingnya menghormati dan berbakti kepada orang tua, baik dalam perkataan maupun perbuatan.

Menjaga hubungan yang baik dengan orang tua dan mengikuti nasihat serta petunjuk mereka adalah satu di antara wujud penghormatan yang paling penting dalam Islam karena Allah menempatkan hubungan dengan orang tua setelah hubungan dengan-Nya dalam tingkatan paling penting.

Menghormati orang tua juga melibatkan kesediaan untuk membantu mereka dalam hal-hal sehari-hari dan memberikan kebahagiaan kepada mereka dengan cara yang Islami.

5. Menjaga Amanah dan Kejujuran

Perilaku Islami yang patut diteladani adalah menjaga amanah dan kejujuran. Sebagai seorang muslim, kita dituntut untuk memegang teguh prinsip amanah dan kejujuran dalam segala aspek kehidupan.

Amanah mengharuskan kita untuk selalu berpegang teguh pada janji dan komitmen yang kita buat, baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia.

Menjaga kejujuran dalam perkataan dan perbuatan adalah contoh perilaku Islami yang penting. Kejujuran melibatkan mengatakan kebenaran dan menepati janji serta tidak menzalimi orang lain, meski pada situasi sulit atau menguntungkan diri sendiri.

Dengan menjaga amanah dan kejujuran, kita menjunjung tinggi nilai-nilai Islam yang menghargai keadilan dan kebenaran.

6. Berpikir Positif dan Mengendalikan Emosi

Pada hari-hari yang sulit atau penuh tantangan, contoh perilaku Islami yang dapat diteladani adalah berpikir positif dan mengendalikan emosi.

Sebagai seorang Muslim, kita diajarkan untuk percaya bahwa segala hal yang terjadi dalam hidup kita adalah takdir Allah yang sebaik-baiknya bagi kita. Oleh karena itu, berpikir positif dan berserah diri kepada kehendak-Nya adalah cara Islami untuk menjalani hidup.

Selain itu, Islam mengajarkan untuk mengendalikan emosi dan menjauhi sifat-sifat negatif seperti amarah, iri hati, dan dendam. Dalam setiap situasi, kita diajarkan untuk mengendalikan emosi kita dan merespons dengan bijaksana, sejalan dengan ajaran Islam yang menganjurkan mengutamakan kebaikan dan kedamaian.

4 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Islami Sehari-hari yang Dapat Diteladani

7. Berpegang Teguh pada Nilai-Nilai Kecil dalam Kehidupan

Contoh perilaku Islami sehari-hari lainnya yang dapat diteladani adalah berpegang teguh pada nilai-nilai kecil dalam kehidupan. Islam mengajarkan kita untuk melibatkan serta menghargai nilai-nilai kecil yang sering terabaikan dalam rutinitas sehari-hari.

Misalnya, mencuci tangan sebelum dan setelah makan, melafazkan doa sebelum dan sesudah tidur, bersikap sopan kepada tetangga, menyempatkan diri membantu orang lain, dan berbincang dengan nada yang baik dalam komunikasi sehari-hari.

Memperhatikan dan melakukan nilai-nilai kecil ini adalah cara Islami untuk meningkatkan kesadaran akan kebaikan dalam rutinitas sehari-hari dan mendapatkan berkah dari Allah.

8. Menjaga Hati dan Lidah

Satu di antara contoh perilaku Islami lainnya penting adalah menjaga hati dan lidah. Islam mengajarkan bahwa hati adalah pusat segala perbuatan dan lidah juga memiliki kekuatan yang besar dalam memengaruhi orang lain.

Maka itu, menjaga kebersihan hati dan tidak menyakiti orang lain dengan perkataan adalah perilaku Islami yang dapat diteladani. Menjaga hati berarti mengendalikan niat dan memperbaiki akhlak agar selalu baik, serta menghindari sifat hati yang negatif seperti iri hati, hasad, dan dengki.

Selain itu, menjaga ucapan adalah pula satu di antara aspek penting dalam agama Islam. Menggunakan kata-kata yang baik, menghindari fitnah, ghibah, dan umpatan adalah bentuk menjaga lidah yang dapat mendatangkan kebaikan dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Menumbuhkan Rasa Syukur

Contoh perilaku Islami selanjutnya yang juga patut diteladani adalah menumbuhkan rasa syukur. Sebagai seorang muslim, kita diajarkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang Allah berikan kepada kita.

Menumbuhkan rasa syukur tidak hanya dilakukan saat mendapatkan sesuatu yang besar, tetapi juga saat mengalami hal-hal yang sepele sekalipun.

Tidak terlepas dari situasi apa pun yang kita hadapi, kita harus selalu mengingat dan menyadari bahwa setiap nikmat yang Allah berikan adalah kebaikan yang harus disyukuri.

Menjaga kesadaran akan berbagai nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari akan membantu kita untuk menjalani hidup dengan hati yang penuh rasa syukur dan rendah diri.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer