Sukses


Arti Legalisir beserta Poin Pentingnya

Bola.com, Jakarta - Legalisir (legalisasi) adalah sebuah proses yang sering dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan kita. Baik dalam urusan administrasi pribadi, bisnis, maupun kepentingan hukum, legalisir memiliki peran penting.

Legalisir merujuk pada tindakan atau proses untuk memberikan keabsahan hukum pada dokumen atau tanda tangan yang ada di dalamnya.

Proses ini dilakukan oleh seorang pejabat yang berwenang, biasanya adalah notaris atau pejabat pemerintah tertentu, tergantung jenis dokumen yang akan disahkan.

Legalisir dapat diterapkan pada berbagai jenis dokumen, seperti akta kelahiran, akta nikah, akta kematian, surat perjanjian, dan sebagainya.

Tujuan legalisir adalah untuk memberikan jaminan bahwa dokumen atau tanda tangan yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan hukum.

Dengan melakukan legalisir, dokumen tersebut akan memiliki kekuatan hukum yang sah dan dapat diakui oleh pihak lain, termasuk pengadilan atau lembaga pemerintah yang membutuhkannya.

Proses ini juga membantu mengurangi risiko pemalsuan dan penyalahgunaan dokumen karena legalisir dilakukan oleh pejabat yang berwenang dan memiliki kekuatan hukum untuk melakukannya.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lebih mendalam tentang legalisir, Kamis (20/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Poin Penting Legalisir

Tujuan

  • Legalisir bertujuan untuk memberikan jaminan bahwa salinan dokumen adalah benar dan sah, serta sesuai dengan dokumen aslinya. Ini sering kali diperlukan untuk keperluan administrasi atau resmi, baik di dalam maupun luar negeri.

Proses

  • Pemohon biasanya harus membawa dokumen asli dan salinannya ke instansi yang berwenang, seperti notaris, lembaga pendidikan (untuk ijazah dan transkrip), atau instansi pemerintah.
  • Pihak yang berwenang akan memeriksa kesesuaian antara dokumen asli dan salinan, kemudian memberikan cap atau stempel dan tanda tangan pada salinan tersebut.

Jenis Dokumen

  • Dokumen yang sering memerlukan legalisir antara lain ijazah, transkrip nilai, akta kelahiran, surat nikah, dan dokumen-dokumen resmi lainnya.
3 dari 3 halaman

Poin Penting Legalisir

Institusi yang Melakukan

  • Berbagai institusi dapat melakukan legalisir, termasuk kantor notaris, sekolah atau universitas, kementerian, kedutaan, dan kantor catatan sipil, tergantung pada jenis dokumen yang dilegalisir.

Kebutuhan

  • Legalisir sering diperlukan dalam berbagai situasi, seperti melanjutkan studi ke luar negeri, melamar pekerjaan di perusahaan internasional, mengurus visa, atau proses hukum tertentu.

 

Yuk, baca artikel arti lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer