Sukses


Mitos Pohon Songgo Langit

Bola.com, Jakarta - Pohon songgo langit, atau dikenal juga dengan nama Latin Ceiba pentandra, adalah tumbuhan yang memiliki keindahan yang menakjubkan dan memiliki nilai historis yang tinggi.

Pohon ini dikenal memiliki akar kuat yang menjulang tinggi ke langit sehingga mengilhami namanya sebagai pohon "songgo langit". Pohon ini umumnya ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia, Amerika Latin, dan Afrika.

Pohon songgo langit memiliki ciri khas berupa batang tegak yang besar dan menghasilkan ranting-ranting yang teratur di sekitarnya. Daun-daunnya berbentuk lima helai, dengan warna hijau cerah yang menarik.

Selain itu, pohon ini memiliki bunga berwarna merah cerah yang sangat mencolok, menjadikannya sebagai daya tarik utama di kawasan di mana pohon ini tumbuh. Bunga-bunga songgo langit ini berfungsi sebagai tempat untuk menarik perhatian serangga penyerbuk untuk mengawinkan diri.

Pohon songgo langit sejak lama dianggap sebagai pohon suci dalam beberapa budaya tradisional. Budaya suku asli di beberapa wilayah memercayai bahwa pohon tersebut memiliki kekuatan mistis dan dapat menghubungkan dunia nyata dengan dunia roh.

Agar lebih paham lagi, berikut mitos pohon songgo langit, Kamis (20/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mitos Pohon Songgo Langit

Penjaga Alam

Pohon songgo langit sering dianggap sebagai penjaga alam. Konon, pohon ini memiliki kekuatan gaib yang melindungi kawasan hutan dari bencana alam dan gangguan manusia.

Tempat Bersemayamnya Roh

Di beberapa budaya, pohon besar seperti songgo langit dianggap sebagai tempat bersemayamnya roh-roh leluhur atau makhluk halus. Masyarakat percaya bahwa roh-roh tersebut menjaga keseimbangan alam sekitar.

Tempat Bertapa

Banyak cerita tentang orang-orang sakti yang bertapa di bawah pohon songgo langit untuk mendapatkan wahyu atau kekuatan spiritual. Mereka percaya bahwa energi spiritual pohon ini dapat membantu dalam meditasi dan pencarian jati diri.

Pelindung Desa

Beberapa desa di Indonesia percaya bahwa pohon songgo langit adalah pelindung desa mereka. Jika pohon ini tumbang atau rusak, mereka khawatir akan terjadi hal buruk pada desa.

Dihuni Makhluk Halus

Mitos lainnya menyebutkan bahwa pohon songgo langit dihuni oleh berbagai makhluk halus, seperti kuntilanak, genderuwo, atau jin. Oleh karena itu, masyarakat sering menghindari berada di dekat pohon ini pada malam hari.

3 dari 3 halaman

Mitos Pohon Songgo Langit

Tidak Boleh Ditebang

Ada kepercayaan bahwa menebang pohon songgo langit akan membawa kesialan atau malapetaka. Oleh karena itu, pohon ini sering dibiarkan tumbuh besar dan dihormati.

Tempat Mengikat Janji

Beberapa cerita menyebutkan bahwa pasangan yang ingin menikah sering mengikat janji di bawah pohon songgo langit. Mereka percaya bahwa pohon ini akan memberkati pernikahan mereka dengan kebahagiaan dan kelanggengan.

Sumber Kesehatan

Daun, akar, atau bagian lain dari pohon songgo langit diyakini memiliki khasiat penyembuhan. Masyarakat sering menggunakan bagian-bagian pohon ini sebagai obat tradisional.

Sumber Inspirasi

Pohon songgo langit sering dijadikan sumber inspirasi bagi para seniman, penyair, dan penulis. Keindahan dan misteri pohon ini memicu kreativitas dan imajinasi mereka.

Penghubung langit dan bumi

Dalam beberapa kepercayaan, pohon songgo langit dianggap sebagai penghubung antara langit dan bumi. Batangnya yang tinggi dan kukuh dipercaya sebagai jalan bagi roh-roh untuk naik ke langit atau turun ke bumi.

 

Yuk, baca artikel mitos lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer