Sukses


Jenazah Zhang Zhi Jie Masih di Jogja, PBSI: Tunggu Keputusan Keluarga

Bola.com, Yogyakarta - PBSI menggelar audiensi dengan keluarga Zhang Zhi Jie, pebulutangkis asal China yang meninggal di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (30/6/2024).

Zhang mengembuskan napas terakhir setelah kolaps saat bertanding melawan Jepang di Badminton Asia Junior Championship 2024.

Insiden itu terjadi saat pebulutangkis berusia 17 tahun itu menghadapi wakil Jepang, Kazuma Kawano di babak penyisihan grup kategori beregu campuran. Di tengah pertandingan, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh dan kejang-kejang.

Audiensi dihadiri keluarga Zhang Zhi Jie dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dalam kesempatan tersebut mereka mendengarkan keterangan dari dokter turnamen, dokter RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito sebagai rumah sakit rujukan dan RSUP dr. Sardjito.

Selain itu, keluarga dan CBA juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan agar mendapat gambaran seutuhnya terkait peristiwa tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Update dari PBSI

Melalui keterangan resminya, PBSI memaparkan bahwa sejak kejadian memilukan tersebut, panitia pelaksana turnamen melakukan pendampingan dan dukungan penuh terhadap proses lanjutan atas meninggalnya Zhang Zhi Jie.

"Kakak Zhang Zhi Jie dan perwakilan CBA tiba di Yogyakarta tanggal 2 Juli 2024 lalu disusul sang ibunda pada 4 Juli. Sang Ibunda ditemani pengurus dari Sports Administration Zhejiang College of Sport di mana Zhang bernaung," tulis PBSI dalam keterangan resmi, Minggu (7/7/2024).

"Mereka kami fasilitasi seluruh keperluannya dan membantu mengumpulkan data serta keterangan-keterangan yang dibutuhkan,".

"Panitia pelaksanapun pada hari Jumat, 5 Juli 2024 menggelar audiensi kepada keluarga dan menghadirkan seluruh pihak yang terkait pada saat kejadian," lanjutnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Berjalan Baik

Audiensi berjalan baik. Pihak keluarga Zhang Zhi Jie juga mengucapkan terima kasih atas apa yang ditunjukkan panitia pelaksana.

Saat ini, jenazah Zhang masih berada di RSUP Dr. Sardjito, Sleman, Yogyakarta. PBSI menyatakan siap membantu proses pemulangan jenazah.

Dukungan itu berupa pemenuhan surat-surat ataupun dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan keluarga.

"Namun sampai hari ini, kami masih belum mendapat keputusan keluarga Zhang Zhi Jie untuk langkah selanjutnya. Kami berharap dalam 1-2 hari ini, kami sudah mendapatkan keputusan mengenai apa yang mau dilakukan oleh keluarga terhadap jenazah," harap PBSI.

"Sekali lagi atas nama semua elemen yang terlibat dalam BNI Badminton Asia Junior Championships 2024, kami menyampaikan simpati dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya untuk keluarga dan CBA," pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Resmi Berakhir

BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 resmi berakhir pada Minggu (7/7/2024). Turnamen junior level Asia itu sudah bergulir sejak 28 Juni 2024 di GOR Amongrogo.

Ajang ini mempertandingkan nomor beregu campuran dengan format seperti Piala Sudirman dan diikuti 15 negara. Sedangkan di nomor perorangan ada 18 negara yang ambil bagian.

Adapun 15 negara yang berpartisipasi di nomor beregu campuran, yakni Indonesia, India, Vietnam, Filipina, Thailand, Korea Selatan, China Taipei, Malaysia, UAE, Kazaktan, China Makau, China, Jepang, Singapura, Hongkong.

Sementara di nomor perorangan yaitu peserta dari 15 negara tersebut, ditambah Arab Saudi, Myanmar, dan Iran.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer