Sukses


6 Mitos Meninggal Hari Selasa Kliwon, Pertanda Membawa Kesialan

Bola.com, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar tentang mitos meninggal di hari Selasa Kliwon? Bagi sebagian masyarakat Jawa, hari ini dianggap sebagai hari keramat dan penuh misteri.

Konon, mereka yang mengembuskan napas terakhir di hari Selasa Kliwon dipercaya akan membawa sial atau bahkan menjadi incaran para pelaku ilmu hitam.

Mitos ini telah beredar sejak lama dan mengakar kuat dalam budaya Jawa. Berbagai cerita dan tradisi pun muncul seputar kematian di hari Selasa Kliwon, dari ritual penjagaan makam hingga kepercayaan tentang kesialan yang dibawa oleh arwah orang yang meninggal.

Kendati terkesan menyeramkan, mitos ini juga memicu rasa penasaran dan ingin tahu banyak orang.

Apakah benar ada kaitan antara hari Selasa Kliwon dengan kematian? Atau hanya sebatas cerita rakyat yang dibumbui dengan unsur mistis?

Artikel ini akan mengupas tuntas yang berkaitan tentang mitos meninggal di hari Selasa Kliwon. Lantas, apa mitos meninggal Selasa Kliwon?

Berikut enam mitos meninggal hari Selasa Kliwon, pertanda membawa kesialan, Rabu (10/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mitos Meninggal Hari Selasa Kliwon

1. Kematian yang Membawa Sial

Mitos paling populer adalah bahwa kematian di hari Selasa Kliwon membawa sial bagi keluarga yang ditinggalkan.

Konon, arwah orang yang meninggal pada hari ini akan gentayangan dan membawa kesialan bagi orang-orang di sekitarnya.

2. Menjadi Tumbal dan Mengajak Kematian Lainnya

Mitos lain menyebutkan bahwa orang yang meninggal di hari Selasa Kliwon akan menjadi tumbal dan 'mengajak' orang lain untuk ikut bersamanya. Hal ini diyakini sebagai akibat dari kesialan yang dibawa oleh kematiannya.

3 dari 4 halaman

Mitos Meninggal Hari Selasa Kliwon

3. Jenazah Diburu untuk Ritual Mistis

Konon, jenazah orang yang meninggal di hari Selasa Kliwon diincar oleh para pelaku ilmu hitam untuk dijadikan jimat atau pesugihan. Hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa arwah dan jenazah tersebut memiliki kekuatan magis yang besar.

4. Ritual Penjagaan Makam

Oleh karena mitos-mitos tersebut, muncul tradisi penjagaan makam bagi mereka yang meninggal di hari Selasa Kliwon.  Tujuannya adalah untuk melindungi jenazah dari pencurian dan penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

4 dari 4 halaman

Mitos Meninggal Hari Selasa Kliwon

5. Kematian yang Penuh Misteri

Mitos terakhir menyebutkan bahwa kematian di hari Selasa Kliwon selalu diselimuti misteri. Banyak orang percaya bahwa kematian tersebut tidak terjadi secara alami, tetapi karena faktor lain seperti ilmu hitam atau kutukan.

6. Pertanda bagi Keluarga

Meninggal pada hari Selasa Kliwon sering dianggap sebagai pertanda bagi keluarga yang ditinggalkan. Beberapa percaya bahwa hal ini bisa menjadi tanda akan adanya peristiwa besar atau perubahan dalam keluarga, baik yang bersifat positif maupun negatif.

 

Dapatkan artikel mitos berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer