Sukses


    Ini Sikap Resmi PSSI soal Undian Grup SEA Games 2017

    Bola.com, Jakarta - PSSI akhirnya menyatakan sikap resmi terkait polemik tata pengundian grup cabang olahraga sepak bola dan futsal di SEA Games 2017. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menyampaikan bila PSSI berada dalam barisan sama dengan negara anggota AFF lain yang juga peserta SEA Games 2017 untuk menyatakan keberatan atas mekanisme drawing tersebut.

    Seperti diketahui, para anggota AFF dalam pertemuan Dewan AFF di Nha Trang, Vietnam (1/7/2017), bersepakat bila mekanisme pengundian yang ditetapkan Panitia SEA Games 2017 Malaysia (Masoc) bertentangan dengan nilai keadilan dan integritas multievent di level Asia Tenggara ini.

    Namun, lantaran AFF secara struktural tidak berhubungan dengan SEA Games, peserta SEA Games yang juga anggota AFF sepakat meminta AFC turun tangan.

    "AFF tidak ada hubungannya dengan SEA Games, namun AFC jadi pihak yang menyetujui regulasi yang diterapkan dalam SEA Games sehingga PSSI dan sesama anggota AFF lain sepakat mengirim surat ke AFC yang berisi keberatan kami atas penerapan mekanisme itu," tutur Joko Driyono di Jakarta, Senin (3/7/2017).

    "Harapan kami sebenarnya sederhana, yakni SEA Games 2017 menggunakan mekanisme drawing seperti kebiasaan yang selama ini sudah berjalan," imbuh Joko Driyono.

    PSSI berharap saat pengundian grup digelar, pada 8 Juli 2017, sudah ada perubahan mekanisme, yakni menggunakan sistem yang sudah disetujui bersama.

    "AFF sudah mengirim surat ke AFC. Kami berharap AFC bisa berkomunikasi dengan Panitia SEA Games 2017 (Masoc) dan khususnya FAM (Asosiasi Sepak Bola Malaysia), karena soal regulasi, AFC jadi pihak yang memutuskan," kata Joko Driyono.

    Pria yang saat ini juga menjabat Plt. Sekjen PSSI itu menambahkan bila PSSI juga sudah berkirim surat kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Isinya lebih kurang sama seperti surat AFF ke AFC, yaitu keberatan PSSI.

    "Dalam surat ke KOI itu kami melampirkan surat AFF ke AFC. Harapan kami, KOI bisa meneruskan keberatan kami ke Panitia SEA Games," tegas mantan CEO PT Liga Indonesia itu.

    Joko Driyono menginformasikan bisa saja dalam waktu dekat terjadi perubahan dalam mekanisme pengundian. Pasalnya, dari informasi yang diterima PSSI, pada Senin ini dan Selasa (4/7/2017) dikabarkan ada pertemuan antara AFC, Panitia SEA Games 2017 Malaysia (Masoc), dan FAM.

     

    Video Populer

    Foto Populer